Friday, 2 December 2016 - Tutup
Garansi Uang Kembali

Home » Blog » Tau Ga Ternyata Mikroorganisme Itu Ada Yang Penting loh Untuk Makanan!
Keranjang Belanja Anda
Jumlah Barang : pcs
Jumlah Nama Barang Total
0 Rp 0,00
keranjang anda kosong

* Klik tombol di bawah ini untuk menyelesaikan pemesanan.

Pentingnya Mikroorganisme Pada Bahan Makanan

  1. Adanya mikroorganisme, terutama jumlah dan macamnya, dapat menentukan taraf mutu bahan makanan.
  2. Mereka dapat mengakibatkan kerusakan pada pangan.
  3. Beberapa diantaranya digunakan untuk membuat produk-produk pangan khusus.
  4. Mikroorganisme digunakan sebagai makanan atau makanan tambahan bagi manusia dan hewan.
  5. Beberapa penyakit dapat berasal dari makanan.

Kerusakan Pangan oleh Mikroorganisme Kebanyakan bahan makanan merupakan media yang baik bagi pertumbuhan banyak macam Mikroorganisme. Pada keadaan fisik yang menguntungkan, terutama pada kisaran suhu 7° – 60°C, organisme akan tumbuh dan menyebabkan terjadinya perubahan dalam hal penampilan, rasa, bau, serta sifat-sifat lain pada bahan makanan.

Beberapa mikroorganisme membentuk pigmen yang mengubah warna makanan. Ada pula yang dapat mensintetis polisakaride dan menghasilkan lender di dalam atau pada makanan.
Tipe-tipe Kerusakan Pangan (selain makanan kalengan)
  • Roti: Tipe Kerusakannya Bulukan dan Menyerabut. Mikroorganismenya Rhizopus Nigricans, Penicillium, Aspergillus Niger Bacillus Subtilis.
  • Sirop: Tipe Kerusakannya Menyerabut, Rasa Khamir, Merah Muda, dan Bulukan. Mikroorganismenya Enterobacter Aerogenes Saccharimyces, Zygosaccharomyces Micrococcus roseus Aspergillus, Penicillium.
  • Buah-buahan dan sayuran segar: Tipe Kerusakannya Busuk Lunak, Busuk Berkapang Kelabu, dan Busuk Berkapang Hitam. Mikroorganismenya Rhizopus, Ereuinia Botrytis Aspergillus Niger.
  • Acar, Sauerkraut: Tipe Kerusakannya Lapisan Khamir dan Khamir Merah Muda. Mikroorganismenya Rhodoturula.
  • Daging Segar: Tipe Kerusakannya Pembusukkan. Mikroorganismenya Alcaligenes, Clostridium, Proteus Vulgaris, Pseudomonas, Fluorescens.
  • Daging yang Diawetkan: Tipe Kerusakannya Bulukan, Rasa Asam, Hijau, dan Berlendir. Mikroorganismenya Aspergillus, Rhizopus, Penicillium Micrococcus, Pseudomonas Lactobacillus, Leuconostoc.
  • Ikan: Tipe Kerusakannya Berubah Warna dan Pembusukkan. Mikroorganismenya Pseudomonas Alcaligenes, Flavobacterium.
  • Telur: Tipe Kerusakannya Busuk Hijau, Busuk Tak Berwarna, dan Busuk Hitam. Mikroorganismenya Pseudomonas, Fluorescens Pseudomonas, Alcaligenes Proteus.
  • Air Jeruk Pekat: Tipe Kerusakannya Rasa Tidak Enak. Mikroorganismenya Lactobacillus, Leuconostoc, Acetobacte.
  • Daging Unggas: Tipe Kerusakannya Berlendir dan bau. Mikroorganismenya Pseudomonas, Alcaligene.

Hubungannya dengan Sanitasi Higiene
a. Penyebab Makanan Menjadi Basi
Makanan basi atau terkontaminasi tak asing lagi ada campur tangan mikroorganisme di dalamnya. Banyak cara yang dilakukan oleh manusia untuk mencegahnya, salah satunya dengan pengawetan. Pengawetan makanan yang umumnya digunakan adalah memasak atau memanaskan makanan tersebut agar mikroorganisme yang ada di dalamnya mati, selain itu dengan pemberian garam dengan konsentrasi tinggi misalnya saja pada ikan atau daging, penggunaan radiasi juga efektif untuk beberapa jenis makanan. Metode pengawetan makanan yang tidak mematikan mikroorganisme tetapi mencegah pertumbuhannya mencakup pembekuan dan pengeringan.
Makanan basi sebenarnya tidak menjadi masalah bagi kita jika tidak dikonsumsi, atau ada juga sebagian dari kita tidak sadar bahwa makanan itu sudah tidak layak lagi dimakan tapi tetap dimakan, akhirnya menyebabkan timbul berbagai macam penyakit, diare contohnya. Bahkan tidak jarang banyak berakibat fatal alias kematian. Bagi para akhwat khususnya yang sudah berkeluarga perlu sekali mengetahui hal ini. Demi menjaga kesehatan keluarga, kita harus teliti benar dalam soal makanan. Makanan jajanan atau pinggir jalan sebaiknya tidak dikonsumsi karena selain higienisitas makanan tidak terjamin juga banyak menggunakan bahan kimia secara berlebihan. Rasanya kita perlu tahu apa saja yang menyebabkan makanan menjadi basi/rusak, lalu bagaimana pengendalian serta pencegahannya jika sudah terjadi.

b. Peracunan makanan dan infeksi makanan
Berbagai penyakit atau infeksi yang berbeda-beda mungkin terjadi karena memakan makanan yang terkontaminasi mikroorganisme pathogen. Bakteri E. coli sangat berperan di dalam menginfeksi usus. Salmonella typhosa diketahui penyebab penyakit tifus. Untuk lebih jelasnya alangkah baiknya kita perinci masing-masing organisme penyebab racun tersebut :

Stafilokokus
Peracunan makanan stafilokokus merupakan bentuk yang paling umum terjadi. Peracunan ini disebabkan oleh kokus gram positif kecil, stafilokokus yang sama bertanggung jawab atas banyak masalah infeksi. Seseorang yang terinfeksi mikroorganisme (MO) akan membawa MO ini pada pakaian, tangan dan bagian lainnya, juga pada bisul atau infeksi kulit. Bagaimana stafilokokus bisa menjadi racun pada tubuh?

Jika diasumsikan stafilokokus tumbuh pada salada, maka kontaminasi awalnya adalah secara kuantitatif, dimana terjadi perbanyakan yang sanga cepat. Ini menimbulkan penyakit. Stafilokokus dapat tumbuh secara optimal pada suhu tubuh, 37o C, dan tumbuh lebih lambat pada suhu 10oC. Kemudian stafilokokus tumbuh, galur yang menyebabkan peracunan makanan melepasakan toksin (racun) ke dalam makanan, akhirnya timbul gejala peracunan makanan. Toksinnya bernama enterotoksin yang dapat menginfeksi saluran pencernaan. Ciri peracunan makanan yang menonjol adalah diare yang hebat, muntah-muntah dan sakit perut. Masa inkubasinya adalah 2-4 jam setelah memakan salada tersebut. Lamanya gejala akut biasanya kurang dari 24 jam, tetapi orang mungkin merasa lemah selama beberapa hari.
Biasanya tidak terjadi kematian hanya saja perlu dirawat intensif dengan pemberian cairan melalui intravena untuk mengganti cairan yang hilang karena diare dan muntah-muntah.
Bacillus cereus
Organisme ini adalah batang besar gram positif yang membentuk spora dan merupakan salah satu anggota suku bacillaceae saprofit. Penelitian menunjukkan bahwa memakan biakan B. cereus yang dicuci tidak menimbulkan penyakit. Akan tetapi, apabila makanan dimakan yang didalamnya B. cereus sudah tumbuh selama 24 jam, terjadi rasa sakit perut yang hebat dan diare beberapa jam setelah termakan.
B. cereus mudah didapatkan dalam tanah dan pada makanan mentah dan kering, mencakup beras yang belum dimasak, sumber utama keracunan organisme ini, spora-sporanya tidak mati selama belum dimasak, dan spora-spora ini tumbuh apabila nasi dibiarkan tidak disimpan dalam lemari es. Pemansan singkat atau penggorengan cepat tidak selalu merusak enterotoksin yang sudah berkembang. Pencegahan dapat dilakukan paling baik dengan pendinginan nasi dan makanan kering lain yang telah dimasak.
Clostridium botulinum
Merupakan batang gram positif yang jika keracunan sangat fatal akibatnya. Organisme ini banyak tersebar dalam tanah, pada sar danau dan pada vegetasi yang membusuk, sayuran, dan daging. Banyak hewan yang mati setelah menelan butiran-butiran yang terfermentasi. Hal ini berlaku pada itik dan sapi.
Kebanyakan kasus botulisme di Eropa disebabkan oleh memakan ikan atau daging dan ikan berbumbu yang diisap; di Amerika Serikat sering terjadi setelah makan sayuran kaleng buatan sendiri, diantar makanan yang mendukung pertumbuhan C. botulinum adalah asparagus, jagung, kapri, cabe hijau, kacang merah, dan bayam. Toksin ini tidak terbentuk dalam 8 % NaCl atau 50 % sirop gula, oleh karena itu makanan yang mengandung kadar gula tinggi relative aman dari pertumbuhan mikroorganisme.
Gejala pada manusia biasanya dimulai setelah inkubasi 18 sampai 36 jam dan mencakup mual dan muntah-muntah, penglihatan ganda, kesulitan menelan, dan kelumpuhan otot.
Botulisme bayi
Hal ini didiagnosis pada bayi berusia 3 sampai 35 minggu, yang beberapa diantaranya disusui oleh ibunya. Penyakit ini diperoleh karena kemasukan spora C. botulinum yang selanjutnya tumbuh dalam usus dan memproduksi toksin botulisme. Gejala utama permulaan botulisme bayi ialah susah buang kotoran dan waktu 2-3 hari diikuti oleh kelumpuhan lunak yang mengakibatkan sukar dalam merawatnya dan badan lemah. Terdapat kira-kira 3 persen kematian pada bayi, beberapa pasien memerlukan alat pernapasan mekanik karena gangguan pernapasan. Pengobatan yang dilakukan terhadap bayi adalah simtomatis, dengan perawatan rata-rata 1 bulan.
Pencegahan dan pengendalian botulisme
Siapa saja yang dicurigai menderita botulisme harus diberi antitoksin terhadap toksin tipe A, B dan E. Sayuran kalengan rumahan harus dimasak selama 15 menit sebelum dihidangkan. Perlakuan tersebut akan menginaktivasi toksin yang mungkin ada.
Salmonella
Di dalam tubuh, salmonella selalu dianggap sebagai pathogen potensial. Sumber utama infeksi salmonella adalah burung, hewan ternak,reptilian dan manusia. Secara klinis infeksi makanan Salmonella mempunyai masa inkubasi 10-28 jam setelah memakan makanan yang terinfeksi dengan gejala sakit kepala, sakit perut, mual, dan diare. Lama biasanya 2-3 hari dengan kematian rata-rata 4 %.
Clostridium perfringens
Clostridium perfringens adalah salah satu penyebab utama infeksi luka berakibat gangrene gas. Seperti banyak clostridia, organisme ini banyak memproduksi eksotoksin. Sumber utama MO ini terdapat pada daging atau produk-produk daging. Urutan kejadian yang khas yang menjurus ke peracunan makanan adalah penyiapan masakan daging yang dimakan 1 atau 2 hari kemudian. Karena Clostridium perfringens membentuk endospora yang relative panas cara memasak biasa sering tidak memusnahkan MO ini. Setelah makanan dingin, spora bersemai dan sel-sel vegetatif yang terjadi berkembang biak. Langkah pengendalian :
  • Pendidikan tentang dasar-dasar kebersihan merupakan hal yang sangat penting dalam sanitasi makanan.
  • Jangan biarkan makanan berada pada suhu kamar yang memungkinka mikroorganisme yang mengkontaminasi berkembang biak.
  • Lakukan pemasakan dengan sempurna sebelum dihidangkan agar dapat tercegah dari infeksi dan keracunan.

Jual Kue Kering untuk Lebaran 2016

13 April , 2016 , Kategori : Blog
Jual Kue Kering untuk Lebaran 2016

Kami tokopastri.com menyediakan macam-macam kue kering seperti nastar, putri salju, nastar, castengels dan kue kering lainnya. Kue kering kami enak dan istimewa karena menggunakan bahan-bahan pilihan serta memiliki harum yang khas wisman butter. Selain itu juga kue kering kami... baca selengkapnya

Jual Kue kering Lebaran 2015

13 May , 2015 , Kategori : Blog
Jual Kue kering Lebaran 2015

Seperti pada tahun sebelumnya kami selalu menjual kue kering lebaran atau cookies lebaran. cookies atau kue kering lebaran 2015 yang kami tawarkan merupakan cookies istimewa terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan menggunakan wisman butter sehingga kue kering kami meiliki wangi... baca selengkapnya

Download Aplikasi Android Masakan Jepang Terbaru

18 January , 2015 , Kategori : Blog
Download Aplikasi Android Masakan Jepang Terbaru

Ini dia aplikasi Android masakan Jepang terbaru, aplikasi ini merupakan aplikasi yang memberikan tutorial bagaimana cara membuat aneka masakana Jepang terbaru. berikut ini bocoran resep dari aplikasi ini: Ramen Pedas Kuah Daging Sapi Resep Yaki Udon Daging Resep Ekkado... baca selengkapnya

Download Aplikasi Resep Jajanan

13 January , 2015 , Kategori : Blog
Download Aplikasi Resep Jajanan

Aplikasi android resep jajanan merupakan aplikasi yang diperuntukkan bagi Anda yang suka jajan namun ingin membuat sendiri jajanan tersebut sehingga jika jajanan tersebut dibuat sendiri oleh kita tentunya akan menimbulkan kebanggaan tersendiri bagi si pembuatnya.... baca selengkapnya

Download Aplikasi Resep Membuat Brownies Enak Untuk Android

9 January , 2015 , Kategori : Blog
Download Aplikasi Resep Membuat Brownies Enak Untuk Android

Kini telah hadir aplikasi resep membuat brownies enak yang bisa Anda download di Goolge play store. Sesuai dengan judulnya di atas, aplikasi ini berisikan banyak resep cara membuat brownies yang enak. Dengan aplikasi ini Anda akan dituntun secara detail... baca selengkapnya

* klik gambar produk

Testimoni dari Pembeli


“Nggak rugi belanja di tokopastri.com, kuenya enyakkkkk… enyakkkk, kue saljunya lembuuuuuuuuuutt banget, beda sama yang biasa dibuat dikampung. Kurma Coklatnya juga enak, ga bikin neg. Beneran Enak!!”

Umi Kalsum (Mahasiswi)

Dari Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar-Bali

“Sambelnya enak ga perlu repot-repot ngulek sambel lagi. Nanti kalo udah abis, saya mau pesan lagi buat bulan puasa, sama mau nyoba brownies-nya juga kayaknya enak-enak tuh.”

Bayu A. Kurniawan

Dari Tanah Bambu – Kalimantan Selatan

“Layanannya cepat, kemasannya sangat rapi, dan rasanya enak pas di lidah. Harganya juga sangat sesuai dengan kualitas produk yang dijual. pokoknya ga nyesel deh beli kue cookies di Tokopastri.com”

Ibu Nunung Soekmawati, S. Pd

Guru SMKN di Bandung.

“Saii… Kuenya udah nyampe, enak dan mantep banget. Kejunya berasa banget.. Kuenya lembut nanti aku siap-siap pesen 1 toples lagi buat lebaran ya...”

Sis Cut Marla El Marvis

Dari Sukabumi

“Cookies-nya enak, beda sama kue cookies yang biasa dijual di daerah tempat tinggal saya, yang ini aroma wisman butter-nya lebih terasa, selain itu juga kemasannya cukup rapi, sehingga paket kiriman tidak mudah rusak selama dalam perjalan.”


Lian Marlina

Dari Surabaya

“Agan.. Sambal Ijo Teri Ibu Ida-nya Enak banget. Pedasnya juga pas tidak kurang dan tidak lebih. Sukses terus buat toko online-nya.”


Sis Missy Susanti

Dari Bintaro-Jakarta Selatan

“Waw.. Luar biasa, sejak 2 hari yang lalu saya bergabung menjadi reseller di tokopastri.com, saya sudah berhasil menjual 5 toples kue cookies ke teman-teman saya dikantor, dan mereka mengaku sangat puas dengan rasa kue cookies dari tokopastri.com. Sukses terus buat tokopastri.com”


Rahmat

Dari Karawang.

“Mbak…kuenya dah nyampe. Enak bgt deh…apalagi putri saljunya, anak sama suami saya smpe ketagihan. Biasanya anak saya suka ga mau klo ga enak mbak, lembut bgt susunya kerasa. Langsung abis sehari jga kyaknya :)
Nti saya mau pesen lagi ya mbak…..makasih.”


Tri Herawati

Dari Yogyakarta

“Toko Onlinenya sangat terpercaya, Cookies Sagu Kejunya enak, dan ongkos kirim relatif murah, jadi tidak ada yang namanya berat diongkos”

Dari Liyana

Cijantung, Pasar Rebo – Jakarta Timur
Selengkapnya ada di sini >>

PIRT Sertifikat

Bukti Pengiriman

Photo

Toko kue |  Cetakan Nasi Snoopy1
Toko kue |  Cetakan Nasi Bentuk Mobil