Tuesday, 6 December 2016 - Tutup
Garansi Uang Kembali

Home » Blog » Pengetahuan Tentang Puding, Dessert Yang Menyegarkan
Keranjang Belanja Anda
Jumlah Barang : pcs
Jumlah Nama Barang Total
0 Rp 0,00
keranjang anda kosong

* Klik tombol di bawah ini untuk menyelesaikan pemesanan.

Puding adalah sejenis makanan terbuat dari pati, yang diolah dengan cara merebus, kukus, dan membakar (boiled, steamed, and baked) sehingga menghasilkan gel dengan tekstur yang lembut. Pati dalam hal ini dapat berupa agar-agar (atau pun bahan dasarnya seperti gum arab, rumput laut karagenan dan lain-lain), tepung-tepungan atau hasil olahannya seperti roti, cake, dan lain-lain. Puding biasanya disajikan sebagai makanan pencuci mulut, juga sebagai makanan sajian utama. Pada zaman dahulu puding dimasak dengan cara merebus campuran bahan-bahan pembuatnya di dalam suatu tas atau kantong kain. Seiring dengan kemajuan zaman cara pemasakannya berkembang lagi, yaitu campuran bahan dikukus di dalam suatu wadah yang ditutupi kain. Cara pemasakan yang lain adalah dengan pembakaran.
Steamed Pudding
Boiled Pudding
Baked Pudding
Puding dapat disajikan dalam berbagai kesempatan dengan berbagai variasi rasa, bentuk dan tekstur. Puding adalah jenis kue yang berasal dari adonan cair maupun setengah padat, yang dimasak dan kemudian dibekukan dalam cetakan berbagai ukuran.
Bahan Pembuatan Puding:
  1. Pati: Dalam pembuatan puding pati dapat berasal dari barbagai macam seperti dari tepung sagu, terigu, tepung beras, tepung tapioca dan lain, lain. Produk tepung-tepungan juga dapat dibuat puding misalnya roti, cake, wafer ataupun pastry. Untuk puding yang direbus bahan dasarnya lebih sering menggunakan agar-agar, atau produk dari karagenan, gum, ataupun gelatin.
  2. Gula
  3. Susu
  4. Santan, air
  5. Telur
  6. Cream
  7. Garam
  8. Buah-buahan
  9. Cokelat
  10. Mentega
  11. Pewarna makanan
Macam-macam Puding
Puding dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis berdasarkan berbagai cara. Misalnya puding dapat dibagi berdasarkan cara penyajiannya yaitu puding yang disajikan dengan daging seperti Yorkshire yaitu puding yang dibakar bersama daging dan Sussex yaitu puding yang diisi dengan daging. Kemudian puding yang disajikan sebagai pencuci mulut seperti puding jagung, puding tapioca, puding nasi, puding plum, puding almond, puding susu, puding telur, dan berbagai puding buah lainnya. Sering juga puding itu dinamakan berdasarkan warna saos yang dipergunakan seperti black pudding, chocolate pudding, dan white pudding.
Puding dapat disajikan dalam ukuran kecil maupun besar dan dalam keadaan panas ataupun dingin. Pada umumnya penyajian puding dilengkapi dengan saus seperti custard sauce, fruits puree, es, syrup dan vanilla sauce. Secara garis besar puding terbagi dua yaitu puding panas (baked puding) dan puding dingin (starch-thickened puding). Puding panas adalah sebuah tawaran menarik, menepis anggapan selama ini bahwa puding selalu disajikan dalam keadaan dingin Puding panas menggunakan telur sebagai bahan pengikat dan pengental, sedangkan puding dingin menggunakan agar-agar atau gelatin. Puding panas merupakan hidangan dessert dengan tekstur lembut dan selalu bercita rasa manis-melezatkan. Puding panas menggunakan teknik pengolahan dengan cara baking, steaming dan au bain marie, sedangkan puding dingin diolah dengan cara boiling. Puding panas hampir selalu “identik” dengan puding panggang. Pasalnya, puding panas lebih banyak dibuat lewat proses pemanggangan di dalam oven. Puding panas dapat disajikan dalam keadaan panas maupun dingin, sedangkan puding dingin, selalu disajikan dalam keadaan dingin. Umumnya pudding panas terdiri dari campuran telur, susu, gula, aroma, cream, tepung semolina bahkan roti atau beras, dan buah-buahan yang dikeringkan/manisan buah-buahan.
Bahan dasar pudding panas dapat dibuat dari adonan crepes yang lebih kental. Membuat puding tidak begitu sulit. Bahan dasarnya adalah tepung tapioka atau pati termodifikasi, susu, whey powder, gula, karagenan, atau kadang-kadang juga gelatin. Untuk menghasilkan puding dengan tekstur yang lembut biasanya dibutuhkan campuran bahan-bahan yang tepat, kemudian dicampurkan dengan air dan dimasak. Bahan tambahan yang biasa dipakai adalah bahan perasa dan bahan pewarna. Perasa dan pewarna ini disesuaikan, misalnya untuk rasa jeruk digunakan warna orange, untuk rasa cokelat dengan warna coklat, dan seterusnya. Meskipun sederhana, dibutuhkan kejelian dan kecermatan dalam mencampur berbagai bahan tersebut untuk menghasilkan puding dengan rasa dan tekstur yang sesuai dengan keinginan. Jika kurang pas, maka akan dihasilkan puding yang terlalu lembek atau terlalu keras. Keduanya sama-sama tidak dikehendaki. Sebab yang diinginkan adalah puding yang lembut, halus, tidak ada yang keras, tidak lembek, enak dipandang, dan enak pula dikunyah.
Tips Pembuatan Puding Dingin
Puding biasanya dimakan dalam keadaan dingin sebagai hidangan penutup setelah makanan utama. Cara membuat puding yang berbahan agaragar yang baik dan enak:
  1. Selalu memperhatikan jumlah ukuran air, setiap satu saset (sachet) agar-agar biasanya 7 gr dan memerlukan 600 ml cairan.
  2. Kelebihan air akan menyebabkan puding lembek sedangkan kurang cairan akan menyebabkan puding keras. Cairan disini adalah semua cairan yang dipakai, termasuk air, susu, jus atau cairan lainya
  3. Merebus susu dan santan untuk puding harus terus menggunakan api sedang dan terus diaduk agar tidak pecah/menggumpal.
  4. Gunakan gula pasir yang berwarna putih agar puding tidak keruh.
  5. Bahan aroma seperti vanili, rum, esen buah atau pasta pandan sebaiknya ditambahkan terakhir kali sesaat sebelum adonan diangkat dari perapian agar aroma tidak menguap.
  6. Sebelum dipakai, wadah untuk puding sebaiknya dibasahi dulu dengan air matang, agar puding mudah lepas dari wadahnya.
  7. Rebus air, gula dan agar-agar sekaligus. Memasukkan agar-agar bubuk saat air sedang panas, akan membuat puding menggumpal.
  8. Jika campuran puding berupa jus buah, sebaiknya jus dicampur setelah agar-agar mendidih. Jika jus buah dimasak bersama agar-agar bubuk, maka hasilnya puding tidak akan mengeras.
  9. Jika campuran puding terdiri dari susu dan air koktail, masaklah susu lebih dulu dengan agar-agar bubuk sampai mendidih, kemudian baru campurkan air koktailnya. Kalau air koktail dicampur sejak awal, susu akan pecah.
  10. Jika menggunakan kuning telur, sebaiknya tidak dimasak bersamaan dengan agar-agar, karena kuning telur akan matang dan menimbulkan bercak-bercak seperti serabut. Sebaiknya campur kuning telur dengan sedikit agar-agar panas, aduk hingga rata, baru dicampur ke agar-agar mendidih.
  11. Bila campurannya putih telur, kocok dulu hingga kaku, baru dicampurkan ke agar-agar yang sudah tidak terlalu panas. Dengan demikian, agar-agar dan putih telur akan tercampur rata.
  12. Agar-agar yang terlanjur mengeras sebelum dipakai bisa dicairkan kembali dengan jalan di tim. Atau dimasak ulang dengan tambahan sedikit air matang dan aduk sampai mencair kembali.
~ Semoga Bermanfaat ~

Jual Kue Kering untuk Lebaran 2016

13 April , 2016 , Kategori : Blog
Jual Kue Kering untuk Lebaran 2016

Kami tokopastri.com menyediakan macam-macam kue kering seperti nastar, putri salju, nastar, castengels dan kue kering lainnya. Kue kering kami enak dan istimewa karena menggunakan bahan-bahan pilihan serta memiliki harum yang khas wisman butter. Selain itu juga kue kering kami... baca selengkapnya

Jual Kue kering Lebaran 2015

13 May , 2015 , Kategori : Blog
Jual Kue kering Lebaran 2015

Seperti pada tahun sebelumnya kami selalu menjual kue kering lebaran atau cookies lebaran. cookies atau kue kering lebaran 2015 yang kami tawarkan merupakan cookies istimewa terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan menggunakan wisman butter sehingga kue kering kami meiliki wangi... baca selengkapnya

Download Aplikasi Android Masakan Jepang Terbaru

18 January , 2015 , Kategori : Blog
Download Aplikasi Android Masakan Jepang Terbaru

Ini dia aplikasi Android masakan Jepang terbaru, aplikasi ini merupakan aplikasi yang memberikan tutorial bagaimana cara membuat aneka masakana Jepang terbaru. berikut ini bocoran resep dari aplikasi ini: Ramen Pedas Kuah Daging Sapi Resep Yaki Udon Daging Resep Ekkado... baca selengkapnya

Download Aplikasi Resep Jajanan

13 January , 2015 , Kategori : Blog
Download Aplikasi Resep Jajanan

Aplikasi android resep jajanan merupakan aplikasi yang diperuntukkan bagi Anda yang suka jajan namun ingin membuat sendiri jajanan tersebut sehingga jika jajanan tersebut dibuat sendiri oleh kita tentunya akan menimbulkan kebanggaan tersendiri bagi si pembuatnya.... baca selengkapnya

Download Aplikasi Resep Membuat Brownies Enak Untuk Android

9 January , 2015 , Kategori : Blog
Download Aplikasi Resep Membuat Brownies Enak Untuk Android

Kini telah hadir aplikasi resep membuat brownies enak yang bisa Anda download di Goolge play store. Sesuai dengan judulnya di atas, aplikasi ini berisikan banyak resep cara membuat brownies yang enak. Dengan aplikasi ini Anda akan dituntun secara detail... baca selengkapnya

* klik gambar produk

Testimoni dari Pembeli


“Nggak rugi belanja di tokopastri.com, kuenya enyakkkkk… enyakkkk, kue saljunya lembuuuuuuuuuutt banget, beda sama yang biasa dibuat dikampung. Kurma Coklatnya juga enak, ga bikin neg. Beneran Enak!!”

Umi Kalsum (Mahasiswi)

Dari Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar-Bali

“Sambelnya enak ga perlu repot-repot ngulek sambel lagi. Nanti kalo udah abis, saya mau pesan lagi buat bulan puasa, sama mau nyoba brownies-nya juga kayaknya enak-enak tuh.”

Bayu A. Kurniawan

Dari Tanah Bambu – Kalimantan Selatan

“Layanannya cepat, kemasannya sangat rapi, dan rasanya enak pas di lidah. Harganya juga sangat sesuai dengan kualitas produk yang dijual. pokoknya ga nyesel deh beli kue cookies di Tokopastri.com”

Ibu Nunung Soekmawati, S. Pd

Guru SMKN di Bandung.

“Saii… Kuenya udah nyampe, enak dan mantep banget. Kejunya berasa banget.. Kuenya lembut nanti aku siap-siap pesen 1 toples lagi buat lebaran ya...”

Sis Cut Marla El Marvis

Dari Sukabumi

“Cookies-nya enak, beda sama kue cookies yang biasa dijual di daerah tempat tinggal saya, yang ini aroma wisman butter-nya lebih terasa, selain itu juga kemasannya cukup rapi, sehingga paket kiriman tidak mudah rusak selama dalam perjalan.”


Lian Marlina

Dari Surabaya

“Agan.. Sambal Ijo Teri Ibu Ida-nya Enak banget. Pedasnya juga pas tidak kurang dan tidak lebih. Sukses terus buat toko online-nya.”


Sis Missy Susanti

Dari Bintaro-Jakarta Selatan

“Waw.. Luar biasa, sejak 2 hari yang lalu saya bergabung menjadi reseller di tokopastri.com, saya sudah berhasil menjual 5 toples kue cookies ke teman-teman saya dikantor, dan mereka mengaku sangat puas dengan rasa kue cookies dari tokopastri.com. Sukses terus buat tokopastri.com”


Rahmat

Dari Karawang.

“Mbak…kuenya dah nyampe. Enak bgt deh…apalagi putri saljunya, anak sama suami saya smpe ketagihan. Biasanya anak saya suka ga mau klo ga enak mbak, lembut bgt susunya kerasa. Langsung abis sehari jga kyaknya :)
Nti saya mau pesen lagi ya mbak…..makasih.”


Tri Herawati

Dari Yogyakarta

“Toko Onlinenya sangat terpercaya, Cookies Sagu Kejunya enak, dan ongkos kirim relatif murah, jadi tidak ada yang namanya berat diongkos”

Dari Liyana

Cijantung, Pasar Rebo – Jakarta Timur
Selengkapnya ada di sini >>

PIRT Sertifikat

Bukti Pengiriman

Photo

Toko kue |  wippy Cream
Toko kue |  spiderman