Friday, 19 December 2014 - Buka jam 08.00 s/d jam 21.00, setiap hari
Garansi Uang Kembali

Home » Blog » Pengetahuan Tentang Minuman Non Alkohol dan Minuman Alkohol

 Pengetahuan Tentang Minuman Non Alkohol dan Minuman Alkohol
Minuman atau beverage pada prinsipnya mempunyai pengertian bahwa semua jenis cairan yang dapat diminum (drinkable liquid) kecuali obat-obatan. Fungsi minuman bagi kehidupan manusia adalah : sebagai penghilang rasa haus, perangsang nafsu makan, sebagai penambah tenaga, dan sebagai sarana untuk membantu pencernaan makanan. Minuman dapat dikategorikan dalam kelompok minuman yang berasal dari bahannya, daerah asal, cara pembuatannya, warna, teknik penyajiannya, dan kadar alkoholnya. Secara garis besar minuman dapat dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu :
Minuman Non Alkohol
Minuman non alkohol adalah semua jenis minuman yang tidak mengandung alkohol. Minuman non alkohol dapat dibedakan menjadi :
Mineral water
Mineral water atau air mineral adalah air yang murni dengan kandungan mineral yang tinggi. Air mineral dibedakan menjadi 2 :
  • Natural mineal water (air mineral murni): Berasal dari sumber mata air pegunungan atau air tanah dalam bumi yang mempunyai sifat tidak berasa, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak mengandung bahan-bahan kimia. Air mineral yang dikonsumsi dibagi menjadi 2 yaitu air mineral yang berasal dari PAM (air sumur) dan air mineral kemasan. Air mineral ini sebaiknya disimpan dalam kemasan yang bertemperatur dingin, dan pula baik diminun pada waktu dingin. Air mineral ini tak berwarna, tidak berwarna dan tidak berbau.
  • Artificial mineral water (air mineral buatan): Berasal dari campuan antara bahan-bahan mineral ke dalam air tawar dan ditambah dengan gas carbon dioxide dapat ditambahkan dengan aroma dari buah-buahan. Yang termasuk dalam minuman jenis ini adalah soft drinks, tonic soda, ginger ale, lemon drinks, dan orange crush. Sama dengan air mineral murni air mineral buatan ini harus disimpan dingin dan dimimum langsung dalam keadaan dingin pula.
Refreshing drinks (minuman menyegarkan)
Minuman yang dicampur dengan soda/air tawar. Termasuk dalam kategori ini adalah squashes dan syrup. Squashes adalah minuman yang berbentuk cairan atau bubuk yang diperoleh dari buah-buahan. Syrup adalah hasil larutan gula dengan air atau sari buah. Fungsi syrup dalam minuman adalah sebagai pemberi tambahan pemanis, warna, dan pengaroma. Contoh: Simple syrup berasal dari gula pasir. Grenadine syrup berasal dari buah delima, Prambos syrup dari buah raspberry.
  • Tall drinks (minuman santai): Tall drink banyak dikembangkan menjadi minuman– minuman spesial yang menjadi unggulan di restoran. Jenis minuman ini seperti milk shake, strawberry float, cola float, es soda gembira, vanilla blue, dan macam-macam ice cream.
Stimulant (minuman perangsang)
Temasuk dalam minuman ini adalah coffee, tea, chocolate, and milk. Coffee dapat dihidangkan dalam kondisi panas atau dingin coffee panas disajikan dengan coffee cup disertai gula pasir, susu atau cream sedangkan ice coffee disajikan dengan ice tea glass disertai simple syrup. Jenis olahan coffee adalah :
  • Black coffee (kopi panas tanpa susu atau cream)
  • Expresso coffee (kopi panas dibuat dengan alat, mesin expresso )
  • Cappucino coffee (expresso coffee ditambah dengan busa susu dan serbuk coklat)
Teh dapat dihidangkan dingin atau panas. Hot tea atau teh panas dihidangkan dengan menggunakan tea cup disertai dengan gula pasir, jeruk nipis, atau susu. Sedangkan ice tea dihidangkan dengan ice tea glass disertai dengan simple syrup dan jeruk nipis. Susu digolongkan menjadi 2 yaitu susu segar dan susu buatan. Susu segar disajikan dengan menggunakan highball glass tanpa disertai apapun sedangkan susu buatan (kaleng atau bubuk) disajikan dengan menggunakan milk cup disertai dengan gula pasir.
Coklat dapat disajikan dingin atau panas, coklat yang disajikan dingin menggunakan highball glass disertai dengan simple syrup dan susu dingin sedangkan coklat panas disajikan dengan menggunakan cup disertai dengan gula pasir dan susu panas.
Nourishing (minuman bergizi)
Jenis minuman yang mengandung zat-zat makanan atau bergizi. Yang termasuk dalam kategori ini adalah aneka juice menggunakan bahan dasar buah atau sayuran yang segar. Setiap buah-buahan dan juga sayur-sayuran dapat dipakai sari buah dengan cara memerasnya untuk mendapatkan airnya. Contoh: sari buah jeruk, lime, grape fruit, tomat, apel nenas, pepaya, dan lain-lainnya. Untuk menjaga agar sari buah tersebut tetap segar maka sebaiknya disimpan dalam ruangan yang bersuhu dingin (10°C). Sari buah ini sebaiknya diminum segar dan dingin, dan dalam banyak hal digunakan sebagai bahan pencampur untuk membuat minuman campuran. Squash ini dapat berupa cairan atau serbuk yang didapat dari sari buah-buahan. Sebelum disajikan untuk minimum squash ini dicampur dengan air atau soda. Sama halnya dengan sari buah, squash harus disimpan di ruangan yang bersuhu dingin, sehingga terasa menyegarkan.
Minuman Alkohol
Wine (anggur)
Wine atau anggur adalah sari buah anggur yang diragikan kemudian melalui proses pemeraman atau fermentasi selama beberapa tahun lamanya untuk menghasilkan anggur yang matang dan mempunyai kadar alkohol antara 8-14%. Dilihat dai proses fementasinya wine digolongkan menjadi 4 :
  • Aromatized wine: Berasal dari hasil fementasi buah anggur putih ditambah aroma tertentu dan ditinggikan kadar alkoholnya dengan penambahan minuman spirit. Contoh: Red Martini Rossi.
  • Natural wine/table wine: Merupakan hasil fermentasi sari buah anggur murni (baru dipetik) tanpa dicampur apapun. Dapat digolongkan berdasarkan warnanya yaitu : White Wine (warna putih), Red Wine (warna merah), dan Rose Wine (warna merah muda).
  • Sparkling wine: Hasil fermentasi dengan penambahan gula pada fermentasi kedua hingga terdapat gelembung udara (CO2). Disajikan dingin pada suhu 4-7oC. Contoh: Champagne.
  • Fortified wine: Hasil fermentasi dengan menambahkan gula dan spirit.
Spirit
Merupakan alkohol yang berwarna bening melalui proses destilasi ulang dan mempunyai kadar alkohol 36- 45% cukup tinggi.
  • Liquors: Berasal dari padi-padian, kadar alkohol tinggi, tidak berasa manis. Contoh : Brandy, Cognac, Tequila, Vodca, Rhum, Whiskey.
  • Liqueurs: Merupakan destilasi (campuran) dari liquors ditambahkan rasa. Contoh: Tia Maria, Kahlua.
Beers
Minuman yang diperoleh dari hasil peragian malt dan hop mempunyai kadar alkohol 3-5%.
Arak dan sake
Berasal dari beras dengan kandungan alkohol 16-30%. Dari sisi penyajiannya dapat digolongkan menjadi 4 (empat).
  • Apperitif (before meal drinks): Apperitif adalah minuman yang dihidangkan sebelum makan utama, misalkan Sherry, Pot, Wine. Cocktail yang disajikan sebelum makan biasanya jernih dan kering, untuk membersihkan langit-langit mulut dan merangsang selera. Pre-dinner cocktail klasik meliputi berbagai minuman asam: Manhattans, Martinis dan lain-lain. Cocktail yang disuguhkan setelah makan malam biasanya lebih manis dan gurih, misalnya Golden Cadillac’s, Alexanders dan sebagainya.
  • Wine (pengiring hidangan): Anggur Pengiring Hidangan.
Wine, Hidangan, dan Suhu Penyajian
  • White wine untuk hidangan laut (ikan, kepiting, udang, dll) dan untuk hidangan daging yang berwarna putih (ayam, kalkun, kodok). Suhu Wine, dingin 7- 10 derajat celcius.
  • Red wine untuk hidangan daging berwarna merah (sapi, kambing, menjangan, bebek, babi, dll) dan hidangan pasta (spaghetti dan pizza). Suhunya dalam suhu ruang 18 derajat celcius.
  • Rose wine sifatnya netral untuk hidangan apapun. Suhu Wine, dingin 7- 10 derajat celcius.
Cocktail
Cocktail adalah campuran minuman yang terdiri dari dua atau lebih bahan. Biasanya terdiri dari minuman beralkohol sebagai bahan dasar dan bahan pemberi rasa atau warna khusus (campuran). Namun bahan dasarnya selalu yang paling dominan. Pada awalnya cocktail berasal dari Amerika yang berarti buntut ayam dengan tujuan untuk merayakan kemenangan dalam pertandingan adu ayam.
Prinsip penyajian cocktail adalah tampil dengan minuman yang menarik dengan dekoratif dan warna-warni. Cocktails dapat menjadi minuman jangka panjang atau pendek, dan dapat disajikan kapan saja. Bahan dasar yang digunakan adalah minuman keras seperti: Gin, Brandy, Whisky, Tequila dan Rum (termasuk Bucardia). Sedangkan campuran yang biasa digunakan adalah: Vermouth, Bitters, anggur, sari buah-buahan, krim, gula, sirup dan telur. Bahan-bahan tersebut sebagai bahan pelembut dan memberi rasa atau aroma pada minuman. Bahan pewarna atau pemberi rasa khusus termasuk sirup buah-buahan, cordials dan minuman beralkohol dengan berbagai rasa, contohnya mint (peppermint), buah cerry atau greanadine.
Digestif (after meal drinks)
Minuman yang digunakan untuk menutup jamuan makan, jenis minuman ini mempunyai sifat membantu dalam pencernaan makanan, contoh Brandy, Cognac, Tequila, Vodca, Rhum, Whisky.

Toko Kue Online Terpercaya

minuman non alkohol,PENGERTIAN MINUMAN NON ALKOHOL,jenis minuman non alkohol,pengertian minuman,klasifikasi minuman beralkohol,klasifikasi minuman alkohol dan non alkohol,klasifikasi minuman alkohol,pengertian minuman tidak beralkohol,Penggolongan minuman non alkohol,minuman tia maria,Minuman yang tidak mengandung alkohol,jenis jenis minuman non alkohol,klasifikasi beverage,beverage adalah,klasifikasi minuman berakohol,pengertian milkshake,pengertian mineral water,pengertian minuman alkohol dan klasifikasinya,pengertian minuman beralkohol dan non alkohol,pengertian minuman digestif

Update Resi JNE bulan Oktober 2014

1 November , 2014 , Kategori : Blog
Update Resi JNE bulan Oktober 2014

Berikut ini kami informasikan update resi jne untuk kategori peralatan. Terima kasih untuk Anda yang telah berbelanja di tokopastri.com:... baca selengkapnya

Resep Cara Membuat Puding Almond 2

11 March , 2014 , Kategori : Blog
Resep Cara Membuat Puding Almond 2

Puding, hmmm... makanan penutup yang satu ini memang selalu bikin kita ketagihan memakannya:). Kebetulan beberapa hari ini saya bersama keluarga lagi seneng makan puding, jadi pada postingan kali ini saya ingin berbagai cara membuat puding almond. silakan langsung saja... baca selengkapnya

Brownies Paling Enak Di Bandung

23 February , 2014 , Kategori : Blog
Brownies Paling Enak Di Bandung

Brownies paling enak saat ini memang brownies yang ada di Bandung. Selain rasanya yang enak, juga brownies ini lembut di mulut sehingga tidak seret di tenggorokan pada saat Anda memakannya. Ada beberapa brownies kukus yang di jual di toko... baca selengkapnya

Resep Cara Membuat Snoep Choco Roll

21 February , 2014 , Kategori : Blog
Resep Cara Membuat Snoep Choco Roll

Setelah kemarin sukses dengan Resep Cara Membuat Fruit Slices :), di hari sabtu yang cerah ini saya akan memberikan resep Cara Membuat Snoep Choco Roll kepada Anda para pengunjung dan para pelanggan setia tokopastri.com. Yuk langsung saja kita kita... baca selengkapnya

Resep Cara Membuat Fruit Slices

20 February , 2014 , Kategori : Blog
Resep Cara Membuat Fruit Slices

Halo selamat pagi para pengunjung setia tokopastri.com. Mohon maaf 3 hari kebelakang saya belum bisa update kembali resep cara membuat masakan-masakan enak di blog ini. Bagaimana dengan resep cara membuat cronut kemarin apakah sudah dipraktekkan? :). Hasilnya bagaimana apakah... baca selengkapnya

Keranjang Belanja Anda
Jumlah Barang : pcs
* klik gambar produk

Testimoni dari Pembeli


“Nggak rugi belanja di tokopastri.com, kuenya enyakkkkk… enyakkkk, kue saljunya lembuuuuuuuuuutt banget, beda sama yang biasa dibuat dikampung. Kurma Coklatnya juga enak, ga bikin neg. Beneran Enak!!”

Umi Kalsum (Mahasiswi)

Dari Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar-Bali

“Sambelnya enak ga perlu repot-repot ngulek sambel lagi. Nanti kalo udah abis, saya mau pesan lagi buat bulan puasa, sama mau nyoba brownies-nya juga kayaknya enak-enak tuh.”

Bayu A. Kurniawan

Dari Tanah Bambu – Kalimantan Selatan

“Layanannya cepat, kemasannya sangat rapi, dan rasanya enak pas di lidah. Harganya juga sangat sesuai dengan kualitas produk yang dijual. pokoknya ga nyesel deh beli kue cookies di Tokopastri.com”

Ibu Nunung Soekmawati, S. Pd

Guru SMKN di Bandung.

“Saii… Kuenya udah nyampe, enak dan mantep banget. Kejunya berasa banget.. Kuenya lembut nanti aku siap-siap pesen 1 toples lagi buat lebaran ya...”

Sis Cut Marla El Marvis

Dari Sukabumi

“Cookies-nya enak, beda sama kue cookies yang biasa dijual di daerah tempat tinggal saya, yang ini aroma wisman butter-nya lebih terasa, selain itu juga kemasannya cukup rapi, sehingga paket kiriman tidak mudah rusak selama dalam perjalan.”


Lian Marlina

Dari Surabaya

“Agan.. Sambal Ijo Teri Ibu Ida-nya Enak banget. Pedasnya juga pas tidak kurang dan tidak lebih. Sukses terus buat toko online-nya.”


Sis Missy Susanti

Dari Bintaro-Jakarta Selatan

“Waw.. Luar biasa, sejak 2 hari yang lalu saya bergabung menjadi reseller di tokopastri.com, saya sudah berhasil menjual 5 toples kue cookies ke teman-teman saya dikantor, dan mereka mengaku sangat puas dengan rasa kue cookies dari tokopastri.com. Sukses terus buat tokopastri.com”


Rahmat

Dari Karawang.

“Mbak…kuenya dah nyampe. Enak bgt deh…apalagi putri saljunya, anak sama suami saya smpe ketagihan. Biasanya anak saya suka ga mau klo ga enak mbak, lembut bgt susunya kerasa. Langsung abis sehari jga kyaknya :)
Nti saya mau pesen lagi ya mbak…..makasih.”


Tri Herawati

Dari Yogyakarta

“Toko Onlinenya sangat terpercaya, Cookies Sagu Kejunya enak, dan ongkos kirim relatif murah, jadi tidak ada yang namanya berat diongkos”

Dari Liyana

Cijantung, Pasar Rebo – Jakarta Timur
Selengkapnya ada di sini >>

PIRT Sertifikat

Bukti Pengiriman

Photo

Toko kue |  Bownies Kukus (Original Lapis Coklat)
Toko kue |  Brownies birthday cake

Hotline: 081222252594 SMS/Whatsapp: 081-2222-52594 BBM: 518fb5b6 | 51cdb4c1 Email: admin@tokopastri.com