Tuesday, 6 December 2016 - Tutup
Garansi Uang Kembali

Home » Blog » Pengetahuan Tentang Karkas Ayam
Keranjang Belanja Anda
Jumlah Barang : pcs
Jumlah Nama Barang Total
0 Rp 0,00
keranjang anda kosong

* Klik tombol di bawah ini untuk menyelesaikan pemesanan.

Pengetahuan Tentang Karkas Ayam

18 November , 2012 , Category : Blog

Gambar Potongan Karkas Ayam
Ayam adalah sebangsa unggas yang biasanya diternakan dirumah-rumah. Yang termasuk unggas adalah segala jenis ayam, bebek, angsa, kalkun, dan sebagainya.
Sebelum memotong karkas ayam, untuk mendapatkan bentuk potongan standar, sebaiknya lebih dulu mengenal kerangka dari ayam/unggas. Dengan demikian akan mempercepat proses pemotongan dan mendapatkan bentuk potongan yang tepat dan sedikitnya serpihan daging yang terbuang.
Macam-macam nama dari bagian potongan karkas ayam atau unggas, yaitu :
  • Wing
  • Supreme
  • Leg
  • Thig
  • Breast
  • Drumstick
  • Meat attached
Tanda-tanda Daging Ayam yang Baik :
  • Terlihat masih segar dan baru dipotong.
  • Kulitnya licin, mulus, tanpa memar.
  • Sisi kakinya lunak.
  • Bulunya tidak terlalu dalam.
  • Baunya juga masih segar
Klasifikasi Ayam :
  • Poussen. Ayam yang berumur 4 – 6 minggu dan gunanya untuk roasting dan grilling.
  • Pou pet de grain. Jenis burung yang berumur 3 – 4 bulan dan berlemak, digunakan untuk roasting, grilling dan sebagai casserde dish.
  • Pouted rein. Jenis boiler yang dagingnya masih empuk dan biasanya dibakar dalam oven, digunakan untuk roasting, grilling, saute, cosserole dish, supreme, dan pie.
  • Pouparde. Ayam yang sudah besar, digunakan untuk roasting, boilling, dan galantine.
  • Chopon. Ayam pedaging dan mengandung banyak lemak, digunakan untuk roasting.
Kegunaan Ayam :
  • Makanan pembuka (appetizer)
  • Sup / pembuatan stock (kaldu)
  • Makanan utama (main course)
  • Lauk pauk (masakan Indonesia)
  • Sedap-sedapan
Teknik Pengolahan Ayam :
  • Boiling
  • Roasting
  • Poaching
  • Grilling
  • Braising
  • Sauteing
  • Frying : Shallow Frying and Deep Fat Frying
Bagian-bagian Tubuh Ayam (Unggas) :
  • Kepala
  • Leher
  • Paha
  • Sayap (winglet)
  • Lutut
  • Anus
  • Cakar
  • Tempolok
Potongan-potongan Ayam :
  • Paha bawah (drumstik)
  • Paha atas (thigh)
  • Dada (breast)
  • Sayap atas (winglet)
  • Sayap (wing)
  • Punggung dan brutu (caracass)
Tujuan Pengenalan Potongan Ayam :
  • Membuat potongan yang tepat.
  • Mengurangi triming atau serpihan daging yang mungkin masih melekat pada tulang.
  • Mempercepat proses pemotongan.
Metode Memotong Unggas :
a) Roasting dan Boilling
  • Singeing, membakar bulu-bulu halus yang masih tersisa.
  • Potong winglet dan bagian kaki kira-kira 1 cm di bawah lutut.
  • Potong tulang leher dan tinggalkan jelaber kulit leher kira-kira 3 cm dari pangkal leher.
  • Baringkan ayam pada cutting board dan patahkan persendian paha dan punggung dengan jalan menekan pelan-pelan.
  • Tusukkan jarum dan benang melalui kaki-kaki sayap jelaber dan pangkal leher sayap.
  • Letakkan ayam dengan punggung menghadap ke bawah pada cutting board, tekan kaki ke depan sehingga dada ayam tampak jelas, kemudian ikatkan kedua ujung benang kuat-kuat. Contoh menu : Roast Chicken Grand Mere dan Roast Chicken with Gravy.
b.) Grilling
  • Singeing.
  • Potong winglet dan kaki.
  • Potong tulang belakang, dapat dilakukan dari dalam rongga badan maupun dari luar .
  • Buka dan ratakan kedua belah bagian dada.
  • Buat torehan kecil pada kulit perut seukuran lutut ayam.
  • Masukkan ujung lutut ke dalam torehan tadi sehingga paha melekat pada dada, dan aman ketika dimasak. Contoh menu : Grilled Chicken American Style dan Grilled Chicken Devil Sauce.
c.) Sauteing Frecassee
  • Singeing.
  • Potong winglet dan kaki.
  • Potong dan pisahkan dari badan melalui sela paha dan badan.
  • Potong dan pisahkan tulang belakang dan bagian dada.
  • Pisahkan dada menjadi dua melalui salah satu sisi tulang dada.
  • Potong masing-masing belahan dada menjadi dua sama berat sehingga akhirnya terbagi empat potong daging bagian dada.
  • Potong masing-masing belahan paha menjadi dua melalui persendian paha menjadi paha bagian atas (leght) dan paha bagian bawah (drumstick). Contoh menu : Sauted Chicken Chasseur, Ayam Goreng Manis, dan Opor Ayam.
d.) Supreme
  • Singeing.
  • Potong dan pisahkan kaki serta badan melalui sela paha dan badan.
  • Kuliti bagian dada.
  • Keluarkan tulang canggah (wish bone).
  • Potong winglet dan kuliti sayap yang tersisa dari bahan.
  • Potong dan pisahkan bagian dada dari tulang dada. Contoh menu : Supreme of Chicken

Jual Kue Kering untuk Lebaran 2016

13 April , 2016 , Kategori : Blog
Jual Kue Kering untuk Lebaran 2016

Kami tokopastri.com menyediakan macam-macam kue kering seperti nastar, putri salju, nastar, castengels dan kue kering lainnya. Kue kering kami enak dan istimewa karena menggunakan bahan-bahan pilihan serta memiliki harum yang khas wisman butter. Selain itu juga kue kering kami... baca selengkapnya

Jual Kue kering Lebaran 2015

13 May , 2015 , Kategori : Blog
Jual Kue kering Lebaran 2015

Seperti pada tahun sebelumnya kami selalu menjual kue kering lebaran atau cookies lebaran. cookies atau kue kering lebaran 2015 yang kami tawarkan merupakan cookies istimewa terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan menggunakan wisman butter sehingga kue kering kami meiliki wangi... baca selengkapnya

Download Aplikasi Android Masakan Jepang Terbaru

18 January , 2015 , Kategori : Blog
Download Aplikasi Android Masakan Jepang Terbaru

Ini dia aplikasi Android masakan Jepang terbaru, aplikasi ini merupakan aplikasi yang memberikan tutorial bagaimana cara membuat aneka masakana Jepang terbaru. berikut ini bocoran resep dari aplikasi ini: Ramen Pedas Kuah Daging Sapi Resep Yaki Udon Daging Resep Ekkado... baca selengkapnya

Download Aplikasi Resep Jajanan

13 January , 2015 , Kategori : Blog
Download Aplikasi Resep Jajanan

Aplikasi android resep jajanan merupakan aplikasi yang diperuntukkan bagi Anda yang suka jajan namun ingin membuat sendiri jajanan tersebut sehingga jika jajanan tersebut dibuat sendiri oleh kita tentunya akan menimbulkan kebanggaan tersendiri bagi si pembuatnya.... baca selengkapnya

Download Aplikasi Resep Membuat Brownies Enak Untuk Android

9 January , 2015 , Kategori : Blog
Download Aplikasi Resep Membuat Brownies Enak Untuk Android

Kini telah hadir aplikasi resep membuat brownies enak yang bisa Anda download di Goolge play store. Sesuai dengan judulnya di atas, aplikasi ini berisikan banyak resep cara membuat brownies yang enak. Dengan aplikasi ini Anda akan dituntun secara detail... baca selengkapnya

* klik gambar produk

Testimoni dari Pembeli


“Nggak rugi belanja di tokopastri.com, kuenya enyakkkkk… enyakkkk, kue saljunya lembuuuuuuuuuutt banget, beda sama yang biasa dibuat dikampung. Kurma Coklatnya juga enak, ga bikin neg. Beneran Enak!!”

Umi Kalsum (Mahasiswi)

Dari Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar-Bali

“Sambelnya enak ga perlu repot-repot ngulek sambel lagi. Nanti kalo udah abis, saya mau pesan lagi buat bulan puasa, sama mau nyoba brownies-nya juga kayaknya enak-enak tuh.”

Bayu A. Kurniawan

Dari Tanah Bambu – Kalimantan Selatan

“Layanannya cepat, kemasannya sangat rapi, dan rasanya enak pas di lidah. Harganya juga sangat sesuai dengan kualitas produk yang dijual. pokoknya ga nyesel deh beli kue cookies di Tokopastri.com”

Ibu Nunung Soekmawati, S. Pd

Guru SMKN di Bandung.

“Saii… Kuenya udah nyampe, enak dan mantep banget. Kejunya berasa banget.. Kuenya lembut nanti aku siap-siap pesen 1 toples lagi buat lebaran ya...”

Sis Cut Marla El Marvis

Dari Sukabumi

“Cookies-nya enak, beda sama kue cookies yang biasa dijual di daerah tempat tinggal saya, yang ini aroma wisman butter-nya lebih terasa, selain itu juga kemasannya cukup rapi, sehingga paket kiriman tidak mudah rusak selama dalam perjalan.”


Lian Marlina

Dari Surabaya

“Agan.. Sambal Ijo Teri Ibu Ida-nya Enak banget. Pedasnya juga pas tidak kurang dan tidak lebih. Sukses terus buat toko online-nya.”


Sis Missy Susanti

Dari Bintaro-Jakarta Selatan

“Waw.. Luar biasa, sejak 2 hari yang lalu saya bergabung menjadi reseller di tokopastri.com, saya sudah berhasil menjual 5 toples kue cookies ke teman-teman saya dikantor, dan mereka mengaku sangat puas dengan rasa kue cookies dari tokopastri.com. Sukses terus buat tokopastri.com”


Rahmat

Dari Karawang.

“Mbak…kuenya dah nyampe. Enak bgt deh…apalagi putri saljunya, anak sama suami saya smpe ketagihan. Biasanya anak saya suka ga mau klo ga enak mbak, lembut bgt susunya kerasa. Langsung abis sehari jga kyaknya :)
Nti saya mau pesen lagi ya mbak…..makasih.”


Tri Herawati

Dari Yogyakarta

“Toko Onlinenya sangat terpercaya, Cookies Sagu Kejunya enak, dan ongkos kirim relatif murah, jadi tidak ada yang namanya berat diongkos”

Dari Liyana

Cijantung, Pasar Rebo – Jakarta Timur
Selengkapnya ada di sini >>

PIRT Sertifikat

Bukti Pengiriman

Photo

Toko kue |  waffle maker
Toko kue |  castengels-cookies-istimewa