Saturday, 3 December 2016 - Tutup
Garansi Uang Kembali

Home » Blog » Makanan Oriental Bagian 2
Keranjang Belanja Anda
Jumlah Barang : pcs
Jumlah Nama Barang Total
0 Rp 0,00
keranjang anda kosong

* Klik tombol di bawah ini untuk menyelesaikan pemesanan.

Makanan Oriental Bagian 2

16 October , 2012 , Category : Blog

4. Jepang :

a. Masakan di Jepang sangat mementingkan potongan, seperti di Eropa. Selain juga aroma, warna/keseluruhan penampilan sehingga nampak menarik. Masakannya dipengaruhi oleh Cina, Spanyol, Portugis (tempura), Korea.
b. Teknik memasak : Yakimono (dipanggang), Agemono (digoreng), Nabemono (seperti blancing, bahan makanan hanya dicelupkan sebentar ke dalam air panas : (shabu-shabu), Mushimono (dikukus), Nimono (diungkep).
c. 4 musim di Jepang :
  • Musim semi (nasu) : bulan Maret-Mei, muncul macam-macam buah-buahan (buah kesemek).
  • Musim panas (natsu) : bulan Juni-Agustus, hidangan dari belut (disebut unagi yang dibakar) paling disenangi (harga belut disana sangat mahal/ukurannya besar-besar, hanya orang-orang yang berkelebihan ekonomi yang dapat memakannya).
  • Musim gugur (aki) : bulan September-November, hidangan yang disenangi adalah seperti sukiyaki, shabu-shabu / makanan yang berkuah, biasanya alat yang dipergunakan adalah “nabe” (mangkuk dari keramik untuk merebus dashi/kaldu ikan).
  • Musim dingin (fuyu) : bulan Desember-Februari, hidangan yang biasanya muncul adalah shabu-shabu, makanan yang terbuat dari bahan dasar kepiting atau jamur.
d. Pada setiap musim dikenal istilah-istilah :
  • Nagori : musim bahan makanan yang baru dimulai (baru dipanen).
  • Suyu: (makanan yang rasanya paling enak)
  • Hatsuri: (makanan yang akan habis).
5. Shasimi adalah hidangan khas dari Jepang. Ikan yang digunakan untuk membuat shasimi harus benar-benar segar.
6. Penyajian makanan di Jepang bentuknya selalu menyerupai gunung Fujiyama, karena dihubungkan dengan ritual/kepercayaan disana. Makanan dipandang mata harus cantik dan menarik, juga rasanya ringan (agak asin). Karena bumbunya hanya terdiri dari 3, yaitu : shake, dashi, dan garam.
7. Bumbu penyedap di Jepang yang digunakan terbuat dari serutan ikan disebut “bonito”.
8. Nasi di Jepang : Gohan, ada yang pendek-pendek (short grain rice).
9. Sayuran khas Jepang:
  • Daikon : lobak (p = 35 cm, berat 2,2 kg), biasanya untuk shasimi dengan dihidangkan dengan cara diparut agar tidak berbau tajam.
  • Shitake : jamur untuk tempura, shabu-shabu.
  • Ninjin : wortel
  • Shisijo : cabe hijau
  • Nashu : terung yang warnanay ungu sekali, ukurannya panjang, kecil, airnya sedikit, rasanya enak.
  • Takenoko : rebung yang ada pada musim semi (tunasnya kecil-kecil), kalo di Cina rebunya besar-besar, biasanya dikeringkan.
  • Gobo : akar tanaman rawa yang umbinya panjang hingga 3 – 5 m, banyak matanya, rasanya seperti wortel (tetap renyak walaupun sudah direbus), warnanya hitam. Untuk menjaga kesegarannya sebaiknya disimpan dengan dibungkus kertas dulu. Sebelum dimasak harus disikat dulu dengan sikat kawat agar bersih.
  • Sungiku : seperti bungan serunai/hampir seperti peterseli, biasanya untuk membuat cah dan garnish.
  • Renkon : akar teratai yang diambil umbinya, untuk tempura. Bentuknya seperti lobak, banyak lubang di tengahnya.
  • Mitsuba : daun seledri besar
  • Kyuri : mentimun. Ada yang warnanya hijau dan belang-belang
  • Azuaki : kacang merah
  • Sayayin gen : buncis
  • Naga negi : bawang daun besar
  • Aonegi : daun bawang kecil, pipih
  • Siun giku : bayam Jepang
  • Kabocha : labu besar (kuning)
  • Hakusai : sawi putih
  • Moyashi : toge
  • Jagaimo : kentang
  • Kabestu : kol
  • Umeboshi : asinan buah plum
  • Nori : rumput laut yang bentuknya lembaran. Warnanya hijau kehitam-hitaman, untuk pembungkus sushi.
  • Kombu : pandan laut, untuk membuat dashi/kaldu ikan. Ukurannya lebih besar dari daun pandan biasanya, warnanya hitam kecoklatan. Jika akan digunakan jangan dicuci dulu, tapi hanya di lap dengan tissue / kain bersih, harus kedap udara. Ini dilakukan agar rasa asli dari kombu tidak hilang.
  • Wakame : ganggang laut, seperti jamur kuping, tapi keriting dan kering, warnanya hitam, bila direndam air jadi hijau.
  • Mie : harusame (mie musim hujan, seperti soun, terbuat dari tepung beras dan kentang), shirataki (untuk membuat konjaku, mie ini tembus pandang, dari akar tumbuhan, berguna untuk menghilangkan racun dalam tubuh), soba (mie kering panjang, warnanya coklat keabuan, yang warnanya hijau diberi dari cha soba/teh hijau), udon (mie putih), ramen (mie panjang warna kuning putih), somen (sama dengan ramen).
  • Tofu : tahu Jepang/tahu sutra. Warnanya putih dan krem.
  • Matcha : teh hijau Jepang. Sejak 13 abad yang lalu, the ini disajikan dalam mangkuk cekung, setelah teh dan air dituangkan, lalu disapu dengan sapu halus sampai keluar busa, lalu diminum.
  • Abu rage : gorengan / tahu goreng lebar, besar dan tipis, kering. Jika ingin tidak kering direndam / dimasukkan dulu dalam air, agar dalamnya berisi tapi permukaannya kering.
  • Kaki age : kalo di Indonesia “ bala-bala”
  • Mirin : bumbu cair manis yang mengandung alkohol
  • Sake : alkohol manis
  • Miso : tauco kacang merah
  • Syoyu : kecap asin/saus untuk dimeja makan
  • Su : cuka berbumbu, ada rasa asam, asin, untuk sushi agar tidak berbau amis. Terbuat dari dashi, garam, gula, cuka.
  • Wasabi : seperti odol, diambil dari akar yang pedas. Warnanya hijau, untuk sashimi yang berfungsi membunuh bakteri yang ada dalam ikan.
  • Shishito : merica hijau kecil
  • Shichimi togarasi : tujuah macam bumbu untuk membuat kari
  • Dai-dai : kulit jeruk, rasanya pahit
  • Tokatsu sauce : seperti saus ” LP “
  • Shoga : jahe, untuk makanan dari ikan, diparut dulu, lalu dihidangkan dengan dibentuk seperti gunung, berdampingan dengan lobak parut.
  • Goma : wijen, yang warnanya putih “shirogoma
  • Panko : tepung roti kasar, warnanya putih, untuk katsu, shrimp roll, dll.
  • Hijiki : rumput laut untuk salad
  • Gyoza wrappers : kulit lumpia / lembaran dengan telur
  • Ikan di Jepang : “Bonito Flakes” (ikan makarel yang dikeringkan seperti kayu, lalu diparut/diiris (katsuo-bushi), potongan bonito (hana-katsuo).
  • Bahan untuk membuat kaldu/dashi : kombu, katsuo-bushi, dll.

10. Perkembangan makanan di Jepang :

  • Masa neolitikum : makanan diolah di dalam periuk tanah yang dibakar (Joman).
  • Masa perak dan besi : dikenal agama Budha, dilarang makan daging, ikan, dll, termasuk berburu dan memancing.
  • Masa nara : dikenal susu dan butter, juga sumpit (lebih mudah ketika makan, karena hanya menggunakan satu tangan, sumpit di Jepang bentuknya lancip).
  • Masa Herriyal : dikenal nasi bulat “tanjiki
  • Masa kamapura : dikenal tahu, istilah vegetarian.
  • Masa muromochi : dikenal table setting (shojin ryori), lebih maju.

11. Pola makan orang Jepang disebut “Ichiji Sansai” :

  • Pembuka : Soup (miso soup)
  • 3 macam lauk (sashimi, yang dipanggang (yakimono), nimono (diungkep).
  • Nasi
  • Acar selalu ada.

12. Kaiseki : menu makan orang Jepang yang lengkap, dengan susunan pola makan (pertama hidangan yang ringan (acar, miso, dll), hidangan berat, ringan lagi, nasi/gohanmono)

13. Sakizuki : appetizer

14. Bahan pangan yang paling banyak digunakan di Jepang, susunannya yaitu:

  • Serat dan karbohidrat
  • Sayur dan buah
  • Susu dan olahannya
  • Daging, ikan, dan telur
  • Lemak dan gula

Jual Kue Kering untuk Lebaran 2016

13 April , 2016 , Kategori : Blog
Jual Kue Kering untuk Lebaran 2016

Kami tokopastri.com menyediakan macam-macam kue kering seperti nastar, putri salju, nastar, castengels dan kue kering lainnya. Kue kering kami enak dan istimewa karena menggunakan bahan-bahan pilihan serta memiliki harum yang khas wisman butter. Selain itu juga kue kering kami... baca selengkapnya

Jual Kue kering Lebaran 2015

13 May , 2015 , Kategori : Blog
Jual Kue kering Lebaran 2015

Seperti pada tahun sebelumnya kami selalu menjual kue kering lebaran atau cookies lebaran. cookies atau kue kering lebaran 2015 yang kami tawarkan merupakan cookies istimewa terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan menggunakan wisman butter sehingga kue kering kami meiliki wangi... baca selengkapnya

Download Aplikasi Android Masakan Jepang Terbaru

18 January , 2015 , Kategori : Blog
Download Aplikasi Android Masakan Jepang Terbaru

Ini dia aplikasi Android masakan Jepang terbaru, aplikasi ini merupakan aplikasi yang memberikan tutorial bagaimana cara membuat aneka masakana Jepang terbaru. berikut ini bocoran resep dari aplikasi ini: Ramen Pedas Kuah Daging Sapi Resep Yaki Udon Daging Resep Ekkado... baca selengkapnya

Download Aplikasi Resep Jajanan

13 January , 2015 , Kategori : Blog
Download Aplikasi Resep Jajanan

Aplikasi android resep jajanan merupakan aplikasi yang diperuntukkan bagi Anda yang suka jajan namun ingin membuat sendiri jajanan tersebut sehingga jika jajanan tersebut dibuat sendiri oleh kita tentunya akan menimbulkan kebanggaan tersendiri bagi si pembuatnya.... baca selengkapnya

Download Aplikasi Resep Membuat Brownies Enak Untuk Android

9 January , 2015 , Kategori : Blog
Download Aplikasi Resep Membuat Brownies Enak Untuk Android

Kini telah hadir aplikasi resep membuat brownies enak yang bisa Anda download di Goolge play store. Sesuai dengan judulnya di atas, aplikasi ini berisikan banyak resep cara membuat brownies yang enak. Dengan aplikasi ini Anda akan dituntun secara detail... baca selengkapnya

* klik gambar produk

Testimoni dari Pembeli


“Nggak rugi belanja di tokopastri.com, kuenya enyakkkkk… enyakkkk, kue saljunya lembuuuuuuuuuutt banget, beda sama yang biasa dibuat dikampung. Kurma Coklatnya juga enak, ga bikin neg. Beneran Enak!!”

Umi Kalsum (Mahasiswi)

Dari Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar-Bali

“Sambelnya enak ga perlu repot-repot ngulek sambel lagi. Nanti kalo udah abis, saya mau pesan lagi buat bulan puasa, sama mau nyoba brownies-nya juga kayaknya enak-enak tuh.”

Bayu A. Kurniawan

Dari Tanah Bambu – Kalimantan Selatan

“Layanannya cepat, kemasannya sangat rapi, dan rasanya enak pas di lidah. Harganya juga sangat sesuai dengan kualitas produk yang dijual. pokoknya ga nyesel deh beli kue cookies di Tokopastri.com”

Ibu Nunung Soekmawati, S. Pd

Guru SMKN di Bandung.

“Saii… Kuenya udah nyampe, enak dan mantep banget. Kejunya berasa banget.. Kuenya lembut nanti aku siap-siap pesen 1 toples lagi buat lebaran ya...”

Sis Cut Marla El Marvis

Dari Sukabumi

“Cookies-nya enak, beda sama kue cookies yang biasa dijual di daerah tempat tinggal saya, yang ini aroma wisman butter-nya lebih terasa, selain itu juga kemasannya cukup rapi, sehingga paket kiriman tidak mudah rusak selama dalam perjalan.”


Lian Marlina

Dari Surabaya

“Agan.. Sambal Ijo Teri Ibu Ida-nya Enak banget. Pedasnya juga pas tidak kurang dan tidak lebih. Sukses terus buat toko online-nya.”


Sis Missy Susanti

Dari Bintaro-Jakarta Selatan

“Waw.. Luar biasa, sejak 2 hari yang lalu saya bergabung menjadi reseller di tokopastri.com, saya sudah berhasil menjual 5 toples kue cookies ke teman-teman saya dikantor, dan mereka mengaku sangat puas dengan rasa kue cookies dari tokopastri.com. Sukses terus buat tokopastri.com”


Rahmat

Dari Karawang.

“Mbak…kuenya dah nyampe. Enak bgt deh…apalagi putri saljunya, anak sama suami saya smpe ketagihan. Biasanya anak saya suka ga mau klo ga enak mbak, lembut bgt susunya kerasa. Langsung abis sehari jga kyaknya :)
Nti saya mau pesen lagi ya mbak…..makasih.”


Tri Herawati

Dari Yogyakarta

“Toko Onlinenya sangat terpercaya, Cookies Sagu Kejunya enak, dan ongkos kirim relatif murah, jadi tidak ada yang namanya berat diongkos”

Dari Liyana

Cijantung, Pasar Rebo – Jakarta Timur
Selengkapnya ada di sini >>

PIRT Sertifikat

Bukti Pengiriman

Photo

Toko kue |  Alat pembuat jus
Toko kue |  roti goreng