Friday, 2 December 2016 - Tutup
Garansi Uang Kembali

Home » Blog » Makanan Oriental Bagian 1
Keranjang Belanja Anda
Jumlah Barang : pcs
Jumlah Nama Barang Total
0 Rp 0,00
keranjang anda kosong

* Klik tombol di bawah ini untuk menyelesaikan pemesanan.

Makanan Oriental Bagian 1

15 October , 2012 , Category : Blog

Pada kali ini saya ingin berbagi pengetahuan berkaitan dengan makanan oriental. Makanan Oriental merupakan hidangan yang khas dari berbagai Negara di kawasan oriental/Asia. Masing-masing Negara memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri dari makanan yang biasa mereka konsumsi. Pengetahuan ini saya dapatkan dari catatan-catatan kuliah saya, ketika saya mengontrak mata kuliah Makanan Oriental. Semoga catatan kuliah saya ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan para pengunjung. Jika ada Anda mengetahui informasi mengenai makanan oriental, silakan berbagi melalui kotak komentar. Selamat Membaca!

Kawasan oriental:
Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia)
Asia Barat (Jepang, Cina, Korea)
Asia Timur (India, Arab (timur tengah))

Kawasan Kontinental :
Eropa dan Amerika

1. Malaysia :

  • Makanannya tidak terpengaruh oleh Negara yang menjajahnya (Jepang, Inggris).
  • Alat makannya : garpu, sendok, pisau, tetapi dulunya memakai jari tangan.
  • Di Malaysia dikenal “curry” (kuning dan merah), biasanya dari ayam, daging sapi, dan udang.
  • Makanan Malaysia sangat terpengaruh dengan Timur Tengah.
  • Karakteristik makanan : banyak menggunakan rempah-rempah, banyak menggunakan bumbu kari, banyak masakan yang menggunakan santan “kara” (merk santan buatan Negara Malaysia), rasanya (gurih, pedas, aromanya tajam), yang khas adalah nasi lemak (selalu ada dalam acara apapun), bahan yang digunakan dari beras dan tepung, banyak menggunakan daun keladi (talas).
  • Macam-macam ikan / seafood (tenggiri, bawal, dll), kecuali ikan air tawar.
  • Bahan hewani yang digunakan : sapi, ayam, babi.

2. Filipina : (campuran Melayu dan Cina)

  • Perpaduan dari barat dan timur, karena dulu pernah dijajah oleh Spanyol. Contoh hidangan: kalderata, apple pie, piela (pengaruh barat), mie, jamur, seafood (pengaruh timur).
  • Makanan pokoknya : beras, beras ketan, pisang, terigu, umbi-umbian.
  • Kekhasan : ada campuran 2 atau 3 bahan hewani dalam satu hidangan makanan, contoh : ritada (campuran dari daging babi, ayam, sapi), kimilo (campuran daging sapi, ayam, udang), sampalok (merupakan hidangan yang terkenal yaitu dari sayuran yang direbus dengan air cucian beras lalu ditambah buah-buahan asam : mangga muda, nenas, dll).
  • Sambal yang terkenal disebut “Bagoong” (sambal ikan).
  • Tidak mengenal oncom dan tempe.
  • Mereka mengenal tahu, biasanya dijadikan bumbu “takoa” untuk masakan “umba” (di dalamnya ada kacang kedelai hitam dan kecap asin).
  • Minuman yang terkenal “merindacena” (minuman yang makannya disertai dengan snack).

3. Thailand:

  • Tak pernah dijajah (Daerah Mungthai/Negara merdeka), selain pariwisata yang sangat digalakan adalah hasil pertanian dan hasil laut.
  • Kebudayaan : terpengaruh dari India, Hindu-Tiongkok, disini gajah sangat dihormati.
  • Terkenal dengan “Art Cooking“, wanita dewasa dan anak-anak diwajibkan untuk mempunyai keterampilan. Orang Thailand senang membuat ukiran. Art Cooking di Thailand tidak ada tandingannya.
  • Pola makannya 5x sehari (sekali makan 5 giliran hidangan, makanan pokok, soup, salad, kari, makanan penutup).
  • Alat makan tradisional : dengan 3 jari/5jari, karena nasinya legit seperti ketan. Jarang menggunakan sumpit, kecuali makan mie.
  • Karakteristik makanan : masakan asam (tomat mentah/matang, lemon, cuka), pedas/hot, asin/salty, banyak menggunakan rempah-rempah.
  • Bahan pokok : beras, ketan, mie, bihun, soun
  • Bahan hewani : daging sapi (Neu), udang (goong), ayam (gai), babi (mue).
  • Terkenal dengan karinya (kaeng-chud).
  • Kari yang tertua di Thai berasal dari Bali (kari dari Thai selatan : menggunakan santan kental, kari dari utara : menggunakan kaldu).
  • Dasar kari : green curry (dari cabe hijau, serai, laos/laja, jeruk lemon, daun corriander/daun ketumbar), yellow curry (kunyit) : contohnya kari massaman dari Malaysia, red curry (cabe merah).
  • Khas Thailand, yang terkenal : khanom pang naa kung roi nga (dari roti yang diisi daging cincang dan diberi wijen, lalu digoreng), kao phat (nasi goreng), blue sapphire (seperti cendol, tapi warnanya biru / dari tepung kanji dan dalamnya putih dari bengkuang), gaeng pheed pla (seperti kari, dari terung ungu, rebung, ikan, dll), tord man plaa (seperti perkedel, terbuat dari ikan dan diberi kacang panjang).
Bersambung…………….

Jual Kue Kering untuk Lebaran 2016

13 April , 2016 , Kategori : Blog
Jual Kue Kering untuk Lebaran 2016

Kami tokopastri.com menyediakan macam-macam kue kering seperti nastar, putri salju, nastar, castengels dan kue kering lainnya. Kue kering kami enak dan istimewa karena menggunakan bahan-bahan pilihan serta memiliki harum yang khas wisman butter. Selain itu juga kue kering kami... baca selengkapnya

Jual Kue kering Lebaran 2015

13 May , 2015 , Kategori : Blog
Jual Kue kering Lebaran 2015

Seperti pada tahun sebelumnya kami selalu menjual kue kering lebaran atau cookies lebaran. cookies atau kue kering lebaran 2015 yang kami tawarkan merupakan cookies istimewa terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan menggunakan wisman butter sehingga kue kering kami meiliki wangi... baca selengkapnya

Download Aplikasi Android Masakan Jepang Terbaru

18 January , 2015 , Kategori : Blog
Download Aplikasi Android Masakan Jepang Terbaru

Ini dia aplikasi Android masakan Jepang terbaru, aplikasi ini merupakan aplikasi yang memberikan tutorial bagaimana cara membuat aneka masakana Jepang terbaru. berikut ini bocoran resep dari aplikasi ini: Ramen Pedas Kuah Daging Sapi Resep Yaki Udon Daging Resep Ekkado... baca selengkapnya

Download Aplikasi Resep Jajanan

13 January , 2015 , Kategori : Blog
Download Aplikasi Resep Jajanan

Aplikasi android resep jajanan merupakan aplikasi yang diperuntukkan bagi Anda yang suka jajan namun ingin membuat sendiri jajanan tersebut sehingga jika jajanan tersebut dibuat sendiri oleh kita tentunya akan menimbulkan kebanggaan tersendiri bagi si pembuatnya.... baca selengkapnya

Download Aplikasi Resep Membuat Brownies Enak Untuk Android

9 January , 2015 , Kategori : Blog
Download Aplikasi Resep Membuat Brownies Enak Untuk Android

Kini telah hadir aplikasi resep membuat brownies enak yang bisa Anda download di Goolge play store. Sesuai dengan judulnya di atas, aplikasi ini berisikan banyak resep cara membuat brownies yang enak. Dengan aplikasi ini Anda akan dituntun secara detail... baca selengkapnya

* klik gambar produk

Testimoni dari Pembeli


“Nggak rugi belanja di tokopastri.com, kuenya enyakkkkk… enyakkkk, kue saljunya lembuuuuuuuuuutt banget, beda sama yang biasa dibuat dikampung. Kurma Coklatnya juga enak, ga bikin neg. Beneran Enak!!”

Umi Kalsum (Mahasiswi)

Dari Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar-Bali

“Sambelnya enak ga perlu repot-repot ngulek sambel lagi. Nanti kalo udah abis, saya mau pesan lagi buat bulan puasa, sama mau nyoba brownies-nya juga kayaknya enak-enak tuh.”

Bayu A. Kurniawan

Dari Tanah Bambu – Kalimantan Selatan

“Layanannya cepat, kemasannya sangat rapi, dan rasanya enak pas di lidah. Harganya juga sangat sesuai dengan kualitas produk yang dijual. pokoknya ga nyesel deh beli kue cookies di Tokopastri.com”

Ibu Nunung Soekmawati, S. Pd

Guru SMKN di Bandung.

“Saii… Kuenya udah nyampe, enak dan mantep banget. Kejunya berasa banget.. Kuenya lembut nanti aku siap-siap pesen 1 toples lagi buat lebaran ya...”

Sis Cut Marla El Marvis

Dari Sukabumi

“Cookies-nya enak, beda sama kue cookies yang biasa dijual di daerah tempat tinggal saya, yang ini aroma wisman butter-nya lebih terasa, selain itu juga kemasannya cukup rapi, sehingga paket kiriman tidak mudah rusak selama dalam perjalan.”


Lian Marlina

Dari Surabaya

“Agan.. Sambal Ijo Teri Ibu Ida-nya Enak banget. Pedasnya juga pas tidak kurang dan tidak lebih. Sukses terus buat toko online-nya.”


Sis Missy Susanti

Dari Bintaro-Jakarta Selatan

“Waw.. Luar biasa, sejak 2 hari yang lalu saya bergabung menjadi reseller di tokopastri.com, saya sudah berhasil menjual 5 toples kue cookies ke teman-teman saya dikantor, dan mereka mengaku sangat puas dengan rasa kue cookies dari tokopastri.com. Sukses terus buat tokopastri.com”


Rahmat

Dari Karawang.

“Mbak…kuenya dah nyampe. Enak bgt deh…apalagi putri saljunya, anak sama suami saya smpe ketagihan. Biasanya anak saya suka ga mau klo ga enak mbak, lembut bgt susunya kerasa. Langsung abis sehari jga kyaknya :)
Nti saya mau pesen lagi ya mbak…..makasih.”


Tri Herawati

Dari Yogyakarta

“Toko Onlinenya sangat terpercaya, Cookies Sagu Kejunya enak, dan ongkos kirim relatif murah, jadi tidak ada yang namanya berat diongkos”

Dari Liyana

Cijantung, Pasar Rebo – Jakarta Timur
Selengkapnya ada di sini >>

PIRT Sertifikat

Bukti Pengiriman

Photo

Toko kue |  Bukti Pengiriman
Toko kue |  cheesecake