Sunday, 26 October 2014 - Buka jam 08.00 s/d jam 21.00, setiap hari
Garansi Uang Kembali

Home » Blog » Makanan Dan Diare Sangat Berkaitan Loh!

Makanan Dan Diare Sangat Berkaitan Loh!

19 December , 2012 , Category : Blog

 Makanan Dan Diare Sangat Berkaitan Loh!
Penyebab diare
Diare merupakan gangguan pencernaan yang sering dialami oleh semua orang, terutama bayi dan anak-anak. Diare dapat mengancam jiwa bayi dan anak karena bayi dan anak-anak lebih rentan mengalami dehidrasi dibandingkan orang dewasa. Hingga kini, penyakit diare masih merupakan salah satu penyakit utama pada bayi dan anak. Secara medis, diare dapat diartikan sebagai peningkatan frekuensi buang air besar yang disertai perubahan kotoran menjadi lebih encer dan cair. Sebagai patokan, biasanya dilihat dari volume tinjanya, yaitu lebih dari tiga kali dalam sehari.
Diare dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari infeksi, malabsorbsi, makanan, hingga psikologis. Infeksi yang mengakibatkan diare disebabkan oleh bakteri, virus, parasit, dan parenteral. Kuman-kuman seperti bakteri, virus, dan parasit menginfeksi saluran pencernaan. Vibrio cholerae, E. Coli, Salmonella, Shigella, Campylobacter, Yersinia, dan Aeromonas merupakan beberapa contoh bakteri biang diare. Virus-virus, seperti Enterovirus (virus echo, coxsakie, poliomylitis), adenovirus, rotavirus, dan astrovirus juga dapat menyebabkan diare.
Sedangkan parasit yang dapat menginfeksi saluran pencernaan, di antaranya cacing (Ascaris, Trichruris, Oxyuris, Strongyloides), protozoa (Entamoeba histolyca, Giardia lamblia, Trichomonas hominis), dan jamur (Candida albicans). Selain infeksi di saluran pencernaan, diare juga dapat disebabkan oleh infeksi parenteral, yaitu infeksi di bagian tubuh lain di luar alat pencernaan. Misalnya, otitis media akut (OMA), tonsilofaringitis, bronchopneumonia, dan ensefalitis. Keadaan ini terutama menjangkiti anak di bawah dua tahun.
Selain kuman, makanan dan minuman juga dapat menyebabkan diare. Pada kasus ini, saluran pencernaan tidak dapat menyerap makanan dan minuman yang dikonsumsi atau dikenal dengan sebutan malabsorbsi. Hal ini terjadi jika kita mengonsumsi aneka makanan dan minuman dalam waktu bersamaan, terutama makanan yang berlemak, terlalu manis, dan minuman yang bersoda. Malabsorbsi juga dapat diakibatkan karena faktor keturunan. Ada beberapa malabsorbsi, misalnya malabsorbsi karbohidrat, lemak, dan protein.
Malabsorbsi karbohidrat meliputi malabsorbsi disakarida (intoleransi laktosa, maltosa, dan sukrosa) serta malabsorbsi monosakarida (intoleransi glukosa, fruktosa, dan galaktosa). Malabsorbsi yang sering terjadi pada bayi dan anak adalah intoleransi laktosa (ketidakmampuan mencerna laktosa akibat kekurangan enzim lactase). Walaupun jarang terjadi, faktor makanan, seperti makanan basi, beracun, dan alergi terhadap makanan serta faktor psikologis, seperti rasa takut dan cemas juga dapat menimbulkan diare.
Faktor kelalaian manusia dalam menjaga kebersihan lingkungan tidak dapat diabaikan. Selain banjir yang membawa sampah dan kotoran lainnya, kemarau juga menciptakan situasi yang sama. Dalam keadaan kemarau, persediaan air bersih kurang sehingga masyarakat terpaksa menggunakan air seadanya. Tak heran jika masyarakat terkadang lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Lalat juga menjadi donatur penyebab diare. Apalagi, di sebagian masyarakat kita masih punya kebiasaan buruk, buang air besar (BAB) di tempat terbuka.
Akibat diare
Diare dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi akibat mencret, yaitu dehidrasi, baik ringan, sedang, maupun berat. Selain itu, diare juga mengakibatkan berkurang cairan tubuh (hipovolemik), kadar natrium dalam tubuh (hiponatremia), dan kadar gula gula dalam tubuh (hipoglikemia). Mencret terjadi karena adanya kuman yang masuk ke dalam usus halus, kemudian berkembang biak di dalamnya. Kuman yang menempel pada dinding usus ini menyebabkan dinding usus rusak. Usus yang terinfeksi akan mengeluarkan cairan dan lendir.
Pada keadaan tertentu, infeksi akibat kuman-kuman ini juga dapat menyebabkan perdarahan. Kuman juga mengeluarkan racun diaregenik penyebab hipersekresi (peningkatan volume buangan) yang menganggu transportasi cairan dan elektrolit sehingga cairan menjadi encer. Selain encer, BAB orang yang mengalami diare juga terkadang mengandung darah. Jika mencret terus berlangsung akan menyebabkan kematian terutama pada pasien balita. Akibat kekurangan elektrolit (terutama natrium dan kalium), tubuh akan bertambah lemas dan tidak bertenaga yang berujung pada penurunan kesadaran, bahkan kematian. Kondisi akan semakin parah jika diare disertai oleh muntah-muntah.
Terapi diare
Jika diare menjangkiti keluarga atau kerabat kita, ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya, mulai dari pemberian cairan (rehidrasi awal dan rumatan), pemberian makanan(ietetik), hingga pemberian obat-obatan. Terapi, pemberian cairan yang paling umum adalah dengan memberikan formula lengkap atau sering disebut dengan oralit. Oralit mengandung garam dapur alias natrium klorida (NaCl), natrium bikarbonat (NaHCO3), kalium klorida (KCl), dan glukosa. Oralit berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh dan elektrolit yang hilang terbuang melalui tinja.
Sebenarnya, prinsip pengobatan diare adalah menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat buang air besar dan muntah-muntah. Jadi, obat antidiare tidak perlu diberikan pada diare akut. Cukup dengan memberikan oralit atau membuat larutan gula garam (LGG), diare dijamin sembuh. Tetapi, lain halnya jika diare tersebut kronis atau disebabkan infeksi. Untuk mengatasinya diperlukan obat anti diare dengan ditambah antobiotik untuk membunuh kuman penyebab diare tersebut.
Tips menghindari diare
Mencegah dan menghindari lebih baik daripada mengobati. Meskipun diare dapat menyerang siapa saja dan kapan saja, penyakit ini sebenarnya dapat dihindari dan dicegah dengan cara mempraktikkan gaya hidup bersih. Beberapa gaya hidup bersih, di antaranya mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, selalu buang air besar di kakus, memasak makanan dan air minuman hingga matang, menggunakan air bersih dan sanitasi yang baik, menghindari makanan yang telah terkontaminasi oleh lalat, tidak memakan makanan basi, dan menghindari makanan yang dapat menimbulkan alergi tubuh.
Bayi sangat rentan terhadap diare. Untuk menghindari terjadinya diare pada bayi, berikan ASI eksklusif selama 6 bulan dan lakukan imunisasi campak. Kita juga harus menghindari pemberian makanan yang dapat menimbulkan diare pada bayi. Artinya, kita jangan memberikan susu yang telah basi kepada bayi. Setiap kali akan memberikan susu formula, pastikan botol yang digunakan benar-benar bersih.
Untuk itu, bersihkan botol susu terlebih dahulu dengan cara merendamnya dengan air panas dan setiap kali jangan pernah memberikan susu yang sudah tersimpan lebih dari 1 jam. Bila diare terjadi pada bayi, oralit tetap dapat diberikan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Selain itu, pasokan ASI harus tetap terjaga. Seandainya terpaksa harus memberikan susu formula, berikanlah susu rendah laktosa.

Toko Kue Online Terpercaya

www diare bolehkah makan roti tawar?,mengapa rasa cemas bisa menyebabkan diare,mencret makan coklat,mencret boleh makan coklat,makan roti tawar saat mencret,makan roti penyebab diare,makan ikan ketika diare,makan coklat saat diare,kue yang tepat saat sakit diare adalah,kue yang dimakan membuat mencret-mencret,kenapa bumbu kacang membuat diare,kalo sakit diare boleh makan roti gak,Kacang kacangan bikin mencret bayi,kacang hijau boleh untuk anak diare,kacang bikin mencret pada anak,jual coklat diare di surabaya,pemberian puding selama diare,Penderita Diare Bolehkah Makan Pepaya,saat diare bolehkah memakan roti,roti untuk penderita diare

Resep Cara Membuat Puding Almond 2

11 March , 2014 , Kategori : Blog
Resep Cara Membuat Puding Almond 2

Puding, hmmm... makanan penutup yang satu ini memang selalu bikin kita ketagihan memakannya:). Kebetulan beberapa hari ini saya bersama keluarga lagi seneng makan puding, jadi pada postingan kali ini saya ingin berbagai cara membuat puding almond. silakan langsung saja... baca selengkapnya

Brownies Paling Enak Di Bandung

23 February , 2014 , Kategori : Blog
Brownies Paling Enak Di Bandung

Brownies paling enak saat ini memang brownies yang ada di Bandung. Selain rasanya yang enak, juga brownies ini lembut di mulut sehingga tidak seret di tenggorokan pada saat Anda memakannya. Ada beberapa brownies kukus yang di jual di toko... baca selengkapnya

Resep Cara Membuat Snoep Choco Roll

21 February , 2014 , Kategori : Blog
Resep Cara Membuat Snoep Choco Roll

Setelah kemarin sukses dengan Resep Cara Membuat Fruit Slices :), di hari sabtu yang cerah ini saya akan memberikan resep Cara Membuat Snoep Choco Roll kepada Anda para pengunjung dan para pelanggan setia tokopastri.com. Yuk langsung saja kita kita... baca selengkapnya

Resep Cara Membuat Fruit Slices

20 February , 2014 , Kategori : Blog
Resep Cara Membuat Fruit Slices

Halo selamat pagi para pengunjung setia tokopastri.com. Mohon maaf 3 hari kebelakang saya belum bisa update kembali resep cara membuat masakan-masakan enak di blog ini. Bagaimana dengan resep cara membuat cronut kemarin apakah sudah dipraktekkan? :). Hasilnya bagaimana apakah... baca selengkapnya

Resep Cara Membuat Cronut

18 February , 2014 , Kategori : Blog
Resep Cara Membuat Cronut

Resep Cara Membuat Cronut. Masak fresh cream dan coklat compound sampai mendidih kecil, lalu matikan apinya dan aduk terus sampai kental. Lapisi dengan blue band master pastry fat (bahan C) dan dilapisi secara single (lihat praktek 3x) dan simpan... baca selengkapnya

Keranjang Belanja Anda
Jumlah Barang : pcs
* klik gambar produk

Testimoni dari Pembeli


“Nggak rugi belanja di tokopastri.com, kuenya enyakkkkk… enyakkkk, kue saljunya lembuuuuuuuuuutt banget, beda sama yang biasa dibuat dikampung. Kurma Coklatnya juga enak, ga bikin neg. Beneran Enak!!”

Umi Kalsum (Mahasiswi)

Dari Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar-Bali

“Sambelnya enak ga perlu repot-repot ngulek sambel lagi. Nanti kalo udah abis, saya mau pesan lagi buat bulan puasa, sama mau nyoba brownies-nya juga kayaknya enak-enak tuh.”

Bayu A. Kurniawan

Dari Tanah Bambu – Kalimantan Selatan

“Layanannya cepat, kemasannya sangat rapi, dan rasanya enak pas di lidah. Harganya juga sangat sesuai dengan kualitas produk yang dijual. pokoknya ga nyesel deh beli kue cookies di Tokopastri.com”

Ibu Nunung Soekmawati, S. Pd

Guru SMKN di Bandung.

“Saii… Kuenya udah nyampe, enak dan mantep banget. Kejunya berasa banget.. Kuenya lembut nanti aku siap-siap pesen 1 toples lagi buat lebaran ya...”

Sis Cut Marla El Marvis

Dari Sukabumi

“Cookies-nya enak, beda sama kue cookies yang biasa dijual di daerah tempat tinggal saya, yang ini aroma wisman butter-nya lebih terasa, selain itu juga kemasannya cukup rapi, sehingga paket kiriman tidak mudah rusak selama dalam perjalan.”


Lian Marlina

Dari Surabaya

“Agan.. Sambal Ijo Teri Ibu Ida-nya Enak banget. Pedasnya juga pas tidak kurang dan tidak lebih. Sukses terus buat toko online-nya.”


Sis Missy Susanti

Dari Bintaro-Jakarta Selatan

“Waw.. Luar biasa, sejak 2 hari yang lalu saya bergabung menjadi reseller di tokopastri.com, saya sudah berhasil menjual 5 toples kue cookies ke teman-teman saya dikantor, dan mereka mengaku sangat puas dengan rasa kue cookies dari tokopastri.com. Sukses terus buat tokopastri.com”


Rahmat

Dari Karawang.

“Mbak…kuenya dah nyampe. Enak bgt deh…apalagi putri saljunya, anak sama suami saya smpe ketagihan. Biasanya anak saya suka ga mau klo ga enak mbak, lembut bgt susunya kerasa. Langsung abis sehari jga kyaknya :)
Nti saya mau pesen lagi ya mbak…..makasih.”


Tri Herawati

Dari Yogyakarta

“Toko Onlinenya sangat terpercaya, Cookies Sagu Kejunya enak, dan ongkos kirim relatif murah, jadi tidak ada yang namanya berat diongkos”

Dari Liyana

Cijantung, Pasar Rebo – Jakarta Timur
Selengkapnya ada di sini >>

PIRT Sertifikat

Bukti Pengiriman

Photo

Toko kue |  Sambal-Merah-Teri-Ibu-Ida
Toko kue |  sagu-keju

Hotline: 081222252594 SMS/Whatsapp: 081-2222-52594 BBM: 7d5925e4 | 7f8f0ee2 Email: admin@tokopastri.com