Thursday, 8 December 2016 - Tutup
Garansi Uang Kembali

Home » Blog » Kita Mengenal Peralatan Dapur Yuk!
Keranjang Belanja Anda
Jumlah Barang : pcs
Jumlah Nama Barang Total
0 Rp 0,00
keranjang anda kosong

* Klik tombol di bawah ini untuk menyelesaikan pemesanan.

Kita Mengenal Peralatan Dapur Yuk!

24 October , 2012 , Category : Blog

Perlengkapan yang ada di dapur itu banyak sekali, masing-masing memiliki karakter dan kegunaannya. Peralatan yang dipergunakan juga dapat mempengaruhi rasa makanan loh. Maka dari itu, kita perlu mengenal berbagai macam peralatan dapur, minimal yang sering kita gunakan saja. Yuk kita mengenal beberapa peralatan/perlengkapan dapur! Selamat Membaca!

Perlengkapan Dapur Ringan

Alat-alat Masak

a. Panci email
Panci email dibuat dari lapisan email. Panci ini tahan terhadap asam dan garam, tidak memberi rasa dan warna pada makanan. Mudah dibersihkan dengan menggunakan sabut kelapa atau tapas dan vim, atau abu gosok dan sabun.
b. Panci alumunium
Panci alumunium ini ringan dan cepat panas. Cara membersihkannya dengan sabut kelapa, bahan penggosok atau steel wool, dan bahan penggosok dari logam halus.
c. Panci stainless steel
Panci stainless steel ini cepat panas, warna mengkilat berlapis bahan atom, tidak mudah berkarat, dan kuat. Mudah dibersihkan, hanya dengan steel wool atau tapas dan serbuk pembersih.
d. Pressure cooker
Pressure cooker ini bertekanan tinggi. Tutup panci dilingkari karet tebal sehingga uap air panas sedikit yang keluar dan menimbulkan tekanan tinggi. Merebus dengan pressure cooker, makanan cepat menjadi lunak dalam waktu relatif singkat dan hemat bahan bakar, serta hanya sebagian zat-zat makanan akan hilang. Dalam keadaan mendidih panci tidak boleh dibuka, karena tekanan terlalu tinggi, api harus dimatikan terlebih dahulu kemudian dibiarkan sebentar dan tutup bagian atas dibuka agar uap keluar.
Alat Pengukus
a. Dandang dan kukusan
Dandang dan kukusan dibuat dari tembaga atau alumunium sedangkan kukusan bentuknya menyerupai kerucut, dibuat dari anyaman bambu. Alat ini digunakan untuk mengukus nasi. Setelah selesai dicuci, kukusan dijemur agar tidak lembap dan berjamur.
b. Risopan
Risopan pada umunya dibuat dari dari alumunium atau seng tebal. Bentuknya lurus, terdiri atas dua bagian, yaitu panci bagian dalam lebih kecil dan berlubang-lubang untuk tempat bahan makanan yang dikukus misalnya nasi dan kue
c. Soblugan atau Langseng
Soblugan atau Langseng bentuknya hampir sama seperti dandang. Di bagian pinggang ada penyekat yang berlubang untuk meletakkan nasi yang dikukus. Soblugan dibuat dari alumunium atau seng tebal, bentuknya ada yang lurus seperti risopon.

d. Klakat
Klakat adalah alat khusus untuk mengukus kue. Bentuknya lebar dan pendek. Tutup yang yang baik berbentuk kerucut, karena uap air tidak jatuh kemakanan ketika mengukus. Lubang panci untuk menukus lebih besar dari risopon sehingga tidak dapat mengukus nasi kecuali dialasi terlebih dahulu. Klakat ada yang bersusun 2 atau 3 terbuat dari alumunium atau kaleng tebal yang tidak berkarat
Alat penggorengan
a. Wajan
Wajan pada umumnya wajan dibuat dari dari email stainless steel, alumunium teflon, dan besi tuang. Bentuk wajan bulat dan cekung. Wajan yang baik adalah masakan yang digoreng tidak melekat pada permukaan wajan dan steak
b. Panci dadar
Bentuknya bulat rendah. Disatu sisi mempunyai tangkai yang panjang untuk untuk pegangan. Panci dadar alat untuk menggoreng bahan makanan yang memerlukan sedikit lemak misalnya untuk dadar telur dan steak.
c. Panci penggorengan
Bentuknya dalam dan tinggi, dilengkapi dengan alat penyaring yang berbentuk keranjang serta berlubang halus untuk meletakkan dan mengangkat bahan yang digoreng didalamnya. Alat ini memerlukan banyak minyak tetapi bahan yang digoreng sekaligus banyak, masaknya rata dan warnya bagus. Misalnya untuk kentang goreng dan ayam goreng. Alat ini terbuat dari email tebal atau besi tuang berlapis stainless tebal.
Alat Pemotong
a. Pisau
  • Pisau dibuat dari besi, baja, stainless steel atau baja yang tahan karat.
  • Pisau besi mudah berkarat, tidak tahan asam, dapat menimbulkan bau pada makanan, sehingga pisau mudah patah.
  • Pisau yang yang dibuat dari baja tahan karat terhadap asam dan garam, gunakan untuk memotong kue, buah dan pisau makan. Jangan diasah dengan batu asah tetapi dengan roda pengasah.
  • Pisau yang mudah berkarat dapat di asah dengan batu asahan.
  • Semua pisau sebaiknya dicuci dengan air sabun panas, dibilas dengan air bersih dan di keringkan.
Alat Pecah Belah
Barang ini terbuat dari tembikar, porselin kaca, kaca tahan panas (pyrex), melamin dan plastik. Pada umunya tahan asam, garam, tidak menimbulkan bau dan rasa pada makanan. cara pemeliharaannya hanya dicuci dengan air sabun panas, dibilas, dan dikeringkan.
Sendok dan Garpu
Sendok dan garpu dibuat dari stainless steel, alpaca, alumunium atau baja tahan karat, melamin, dan plastic. Cara pemeliharaannya hanya dicuci dengan air sabun panas, dibilas, dan dikeringkan supaya tidak meninggalkan noda-noda. Sendok kuningan tidak baik karena tidak tahan asam, garam, serta memberi rasa bau dan dapat merubah warna pada makanan.
Perapian
a. Tungku
Tungku dibuat dari susunan batu bata dengan bahan bakarnya mempergunakan kayu bakar.
b. Anglo
Anglo dibuat dari tanah liat, besi tuang dengan bahan bakarnya arang kayu, sehingga menimbulkan panas, bara api. Sisa pembakaran ditampung dibagian bawah anglo.
c. Kompor Minyak
Kompor Minyak umumnya terbuat dari besi tipis, diantaranya ada yang berlapis email. Kompor minyak tanah ada yang mempergunakan sumbu lawe dan sumbu asbes. Sehabis dipakai kompor harus dibersihkan dari sisa-sisa/tumpukan bahan makanan, agar apio kompor minyak tanah selalu bersih dan panas, sumbunya harus rata. Untuk meratakan sumbu kompor dapat dilakukan dengan cara mengguntingnya. Kompor yang baik apinya berwarna biru.
d. Kompor Gas
Kompor gas apinya lebih bersih dan lebih panas. Cara menggunakan kompor gas dapat dilakukan dengan menghubungkan tabung gas elpiji dengan kompor melalui regulator dan pipa karet.
e.Kompor Listrik
Kompor listrik mempunyai perapian yang terdiri dari elemen yang mengalirkan arus listrik. Elemennya jangan sampai terkena air. Dasar panci yang dipergunakan sebaiknya datar, agar panas dapat mengalir dengan baik

Jual Kue Kering untuk Lebaran 2016

13 April , 2016 , Kategori : Blog
Jual Kue Kering untuk Lebaran 2016

Kami tokopastri.com menyediakan macam-macam kue kering seperti nastar, putri salju, nastar, castengels dan kue kering lainnya. Kue kering kami enak dan istimewa karena menggunakan bahan-bahan pilihan serta memiliki harum yang khas wisman butter. Selain itu juga kue kering kami... baca selengkapnya

Jual Kue kering Lebaran 2015

13 May , 2015 , Kategori : Blog
Jual Kue kering Lebaran 2015

Seperti pada tahun sebelumnya kami selalu menjual kue kering lebaran atau cookies lebaran. cookies atau kue kering lebaran 2015 yang kami tawarkan merupakan cookies istimewa terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan menggunakan wisman butter sehingga kue kering kami meiliki wangi... baca selengkapnya

Download Aplikasi Android Masakan Jepang Terbaru

18 January , 2015 , Kategori : Blog
Download Aplikasi Android Masakan Jepang Terbaru

Ini dia aplikasi Android masakan Jepang terbaru, aplikasi ini merupakan aplikasi yang memberikan tutorial bagaimana cara membuat aneka masakana Jepang terbaru. berikut ini bocoran resep dari aplikasi ini: Ramen Pedas Kuah Daging Sapi Resep Yaki Udon Daging Resep Ekkado... baca selengkapnya

Download Aplikasi Resep Jajanan

13 January , 2015 , Kategori : Blog
Download Aplikasi Resep Jajanan

Aplikasi android resep jajanan merupakan aplikasi yang diperuntukkan bagi Anda yang suka jajan namun ingin membuat sendiri jajanan tersebut sehingga jika jajanan tersebut dibuat sendiri oleh kita tentunya akan menimbulkan kebanggaan tersendiri bagi si pembuatnya.... baca selengkapnya

Download Aplikasi Resep Membuat Brownies Enak Untuk Android

9 January , 2015 , Kategori : Blog
Download Aplikasi Resep Membuat Brownies Enak Untuk Android

Kini telah hadir aplikasi resep membuat brownies enak yang bisa Anda download di Goolge play store. Sesuai dengan judulnya di atas, aplikasi ini berisikan banyak resep cara membuat brownies yang enak. Dengan aplikasi ini Anda akan dituntun secara detail... baca selengkapnya

* klik gambar produk

Testimoni dari Pembeli


“Nggak rugi belanja di tokopastri.com, kuenya enyakkkkk… enyakkkk, kue saljunya lembuuuuuuuuuutt banget, beda sama yang biasa dibuat dikampung. Kurma Coklatnya juga enak, ga bikin neg. Beneran Enak!!”

Umi Kalsum (Mahasiswi)

Dari Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar-Bali

“Sambelnya enak ga perlu repot-repot ngulek sambel lagi. Nanti kalo udah abis, saya mau pesan lagi buat bulan puasa, sama mau nyoba brownies-nya juga kayaknya enak-enak tuh.”

Bayu A. Kurniawan

Dari Tanah Bambu – Kalimantan Selatan

“Layanannya cepat, kemasannya sangat rapi, dan rasanya enak pas di lidah. Harganya juga sangat sesuai dengan kualitas produk yang dijual. pokoknya ga nyesel deh beli kue cookies di Tokopastri.com”

Ibu Nunung Soekmawati, S. Pd

Guru SMKN di Bandung.

“Saii… Kuenya udah nyampe, enak dan mantep banget. Kejunya berasa banget.. Kuenya lembut nanti aku siap-siap pesen 1 toples lagi buat lebaran ya...”

Sis Cut Marla El Marvis

Dari Sukabumi

“Cookies-nya enak, beda sama kue cookies yang biasa dijual di daerah tempat tinggal saya, yang ini aroma wisman butter-nya lebih terasa, selain itu juga kemasannya cukup rapi, sehingga paket kiriman tidak mudah rusak selama dalam perjalan.”


Lian Marlina

Dari Surabaya

“Agan.. Sambal Ijo Teri Ibu Ida-nya Enak banget. Pedasnya juga pas tidak kurang dan tidak lebih. Sukses terus buat toko online-nya.”


Sis Missy Susanti

Dari Bintaro-Jakarta Selatan

“Waw.. Luar biasa, sejak 2 hari yang lalu saya bergabung menjadi reseller di tokopastri.com, saya sudah berhasil menjual 5 toples kue cookies ke teman-teman saya dikantor, dan mereka mengaku sangat puas dengan rasa kue cookies dari tokopastri.com. Sukses terus buat tokopastri.com”


Rahmat

Dari Karawang.

“Mbak…kuenya dah nyampe. Enak bgt deh…apalagi putri saljunya, anak sama suami saya smpe ketagihan. Biasanya anak saya suka ga mau klo ga enak mbak, lembut bgt susunya kerasa. Langsung abis sehari jga kyaknya :)
Nti saya mau pesen lagi ya mbak…..makasih.”


Tri Herawati

Dari Yogyakarta

“Toko Onlinenya sangat terpercaya, Cookies Sagu Kejunya enak, dan ongkos kirim relatif murah, jadi tidak ada yang namanya berat diongkos”

Dari Liyana

Cijantung, Pasar Rebo – Jakarta Timur
Selengkapnya ada di sini >>

PIRT Sertifikat

Bukti Pengiriman

Photo

Toko kue |  Samabal Ijo Ibu Ida
Toko kue |  Real Madrid Fondant Birthday Cake