Monday, 22 December 2014 - Buka jam 08.00 s/d jam 21.00, setiap hari
Garansi Uang Kembali

Home » Blog » Bagian, Fungsi, Ciri, dan Jenis Telur

Bagian, Fungsi, Ciri, dan Jenis Telur

20 November , 2012 , Category : Blog

telor Bagian, Fungsi, Ciri, dan Jenis Telur
Gambar Bagian-bagian Telur

Fungsi dari bagian-bagian di atas ialah :

  • Cangkang Telur : Mempunyai banyak pori yang penting untuk pertukaran udara. Di dalam cangkang terdapat selaput tipis, di salah satu ujung telur, selaput tidak menempel pada cangkang sehingga membentuk rongga udara.
  • Rongga Udara : Sebagai sumber oksigen bagi embrio.
  • Albumen (putih telur) : Berfungsi untuk melindungi zigot atau embrio dari goncangan, bahaya lain, dan sebagai cadangan makanan.
  • Kuning Telur : Sebagai persediaan makanan bagi embrio.
  • Kalaza (tali kuning telur) : Berfungsi untuk menahan kuning telur, supaya tetap pada tempatnya dan menjaga embrio agar tetap berada di bagian atas kuning telur.
  • Keping Lembaga : Disebut juga sel embrio, yang akan tumbuh menjadi individu baru.
Jenis-jenis Telur :
a.) Telur Burung Puyuh, ciri-cirinya :
  • Ukurannya kecil.
  • Warna kulitnya bercak-bercak hitam kecoklatan.
  • Kulit kerabangnya tipis, dilapisi lapisan kulit atau membran yang alot, sehingga mudah robek.
b.) Telur Itik / Bebek, ciri-cirinya :
  • Kulitnya berwarna hijau kebiruan, meskipun ada yang berwarna putih.
  • Kulitnya lebih tebal dibandingkan dengan telur ayam.
  • Pemakainnya terbatas, karena berbau amis.
c.) Telur Penyu, ciri-cirinya :
  • Bentuknya bulat seperti bola pingpong.
  • Warnanya kelabu.
  • Kulitnya lunak, tetapi tidak mudah pecah.
  • Banyak terdapat di pinggiran pantai.
d.) Telur Ayam Negri, ciri-cirinya :
  • Bentuknya lonjong.
  • Warna kulitnya kuning kecoklatan.
  • Banyak dihidangkan sebagai lauk-pauk atau hiasan untuk hidangan.
e.) Telur Ayam Kampung, ciri-cirinya :
  • Bentuknya lonjong, ukurannya lebih kecil dari telur ayam negri.
  • Warnanya putih agak kecoklatan.
  • Warna kuning telurnya lebih pekat daripada telur ayam negri.
  • Kuning telurnya biasa digunakan untuk campuran jamu.
f.) Telur Angsa, ciri-cirinya :
  • Bentuknya lonjong dan besar.
  • Warna kulitnya sama dengan telur ayam.
  • Jarang di dapat.
Ciri atau tanda-tanda telur yang baik :
  • Kulitnya tebal, bersih dari bercak kotoran, bercak kapur, cerah, dan agak segar. Pilih telur yang berbentuk bulat telur, yaitu salah satu ujungnya agak runcing dan ujung yang satunya agak tumpul.
  • Terlihat terang bila diteropong dengan sinar lampu atau sinar matahari.
  • Tenggelam apabila dimasukkan ke dalam air biasa.
  • Tidak bersuara apabila digoyang-goyang.
Cara Menyimpan Telur :
  • Pertama telur dicuci dengan air sampai bersih.
  • Keringkan dengan lap.
  • Simpan dalam lemari pendingin / keranjang telur, atau tempat yang sejuk serta terhindar dari sinar matahari.
Manfaat Telur :
  • Mudah dicerna dan rasanya enak.
  • Banyak terdapat zat-zat makanan, terutama di dalam kuningnya.
  • Dapat dibuat macam-macam makanan atau dapat juga digunakan sebagai penyedap makanan.
  • Dapat dibuat untuk mengentalkan makanan, penghias hidangan, dan pemberi warna.
  • Dapat membuat tubuh kita menjadi lebih segar dan kuat.
Peranan Telur dalam Ragam Olah :
Telur banyak digunakan sebagai bahan yang dapat membantu dalam pembuatan berbagai macam produk pangan. Karena telur memiliki sifat fungsional, yaitu :
  • Memiliki daya buih / busa dari putihnya.
  • Memiliki daya koagulasi / penggumpalan dari kuningnya.
  • Memiliki daya emulsi dari kuningnya.
Beberapa Tips dalam Mengolah Telur :
  • Untuk mempermudah dalam mengupas telur rebus : Masukkan asam jawa ke dalam air rebusan telur, rebus telur hingga matang, setelah matang angkat dan masukkan ke dalam air dingin.
  • Untuk menghilangkan bau amis dari telur : Sebelum diolah, rendam telur dalam air yang telah diberi kapur sirih selama ± 10 menit. Setelah proses tersebut telur dapat diolah.
Cara membelah telur rebus :
Gunakanlah benang biasa ketika kita akan membelah telur rebus, lalu lingkarkan telur tersebut dengan benang tadi (posisi melintang, pertemukan kedua ujungnya di atas), setelah itu tarik benang secara perlahan hingga telur terbelah dua.
Membuat telur dadar yang bagus :
Kocok putih telur secara terpisah dengan kuningnya, kemudian campurkan keduanya dan diaduk rata, tambahkan susu cair / susu biasa, beri garam dan merica. Setelah itu, tuangkan adonan telur tersebut ke dalam wajan dadar, masak di atas api kecil.
Cara agar telur tidak pecah ketika direbus :
Cuci telur terlebih dahulu, lalu rebus telur tersebut dalam air mendidih yang sudah diberi abu gosok (1/5 dari jumlah air), rebus hingga matang. Cara lain dapat juga dengan melubangi bagian lebar (rongga udara) pada telur dengan menggunakan jarum, sebelum telur tersebut direbus. Setelah telur tadi matang, angkat dan masukkan ke dalam air dingin.

Toko Kue Online Terpercaya

Ciri ciri telur ayam,di bagian manakah keping lembaga berada pada kuning telur,Ciri telur ayam,peranan kalaza pada telur ayam,cara menyimpan telur penyu,gambar struktur telur,gambar ayam dan bagiannya,kalaza adalah,dibagian manakah letak keping lembaga pada kuning telur,gambar struktur telur ayam,gambar serta kterangan dan fungsinya telur yang sudah direbus,Gambar struktur telur dan bagiannya,gambar sel pada telur ayam,gambar telur beserta bagiannya,Gambar bagian bagian telur ayam kampung,gambar ayam dan fungsinya,Fungsi dan bagian-bagian dari angsa,fungsi dari albumen kalaza rongga udara cangkang membran keping lembaga kuning telur,fungsi dari bagian telur,fungsi dari kalaza

Update Resi JNE bulan Oktober 2014

1 November , 2014 , Kategori : Blog
Update Resi JNE bulan Oktober 2014

Berikut ini kami informasikan update resi jne untuk kategori peralatan. Terima kasih untuk Anda yang telah berbelanja di tokopastri.com:... baca selengkapnya

Resep Cara Membuat Puding Almond 2

11 March , 2014 , Kategori : Blog
Resep Cara Membuat Puding Almond 2

Puding, hmmm... makanan penutup yang satu ini memang selalu bikin kita ketagihan memakannya:). Kebetulan beberapa hari ini saya bersama keluarga lagi seneng makan puding, jadi pada postingan kali ini saya ingin berbagai cara membuat puding almond. silakan langsung saja... baca selengkapnya

Brownies Paling Enak Di Bandung

23 February , 2014 , Kategori : Blog
Brownies Paling Enak Di Bandung

Brownies paling enak saat ini memang brownies yang ada di Bandung. Selain rasanya yang enak, juga brownies ini lembut di mulut sehingga tidak seret di tenggorokan pada saat Anda memakannya. Ada beberapa brownies kukus yang di jual di toko... baca selengkapnya

Resep Cara Membuat Snoep Choco Roll

21 February , 2014 , Kategori : Blog
Resep Cara Membuat Snoep Choco Roll

Setelah kemarin sukses dengan Resep Cara Membuat Fruit Slices :), di hari sabtu yang cerah ini saya akan memberikan resep Cara Membuat Snoep Choco Roll kepada Anda para pengunjung dan para pelanggan setia tokopastri.com. Yuk langsung saja kita kita... baca selengkapnya

Resep Cara Membuat Fruit Slices

20 February , 2014 , Kategori : Blog
Resep Cara Membuat Fruit Slices

Halo selamat pagi para pengunjung setia tokopastri.com. Mohon maaf 3 hari kebelakang saya belum bisa update kembali resep cara membuat masakan-masakan enak di blog ini. Bagaimana dengan resep cara membuat cronut kemarin apakah sudah dipraktekkan? :). Hasilnya bagaimana apakah... baca selengkapnya

Keranjang Belanja Anda
Jumlah Barang : pcs
* klik gambar produk

Testimoni dari Pembeli


“Nggak rugi belanja di tokopastri.com, kuenya enyakkkkk… enyakkkk, kue saljunya lembuuuuuuuuuutt banget, beda sama yang biasa dibuat dikampung. Kurma Coklatnya juga enak, ga bikin neg. Beneran Enak!!”

Umi Kalsum (Mahasiswi)

Dari Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar-Bali

“Sambelnya enak ga perlu repot-repot ngulek sambel lagi. Nanti kalo udah abis, saya mau pesan lagi buat bulan puasa, sama mau nyoba brownies-nya juga kayaknya enak-enak tuh.”

Bayu A. Kurniawan

Dari Tanah Bambu – Kalimantan Selatan

“Layanannya cepat, kemasannya sangat rapi, dan rasanya enak pas di lidah. Harganya juga sangat sesuai dengan kualitas produk yang dijual. pokoknya ga nyesel deh beli kue cookies di Tokopastri.com”

Ibu Nunung Soekmawati, S. Pd

Guru SMKN di Bandung.

“Saii… Kuenya udah nyampe, enak dan mantep banget. Kejunya berasa banget.. Kuenya lembut nanti aku siap-siap pesen 1 toples lagi buat lebaran ya...”

Sis Cut Marla El Marvis

Dari Sukabumi

“Cookies-nya enak, beda sama kue cookies yang biasa dijual di daerah tempat tinggal saya, yang ini aroma wisman butter-nya lebih terasa, selain itu juga kemasannya cukup rapi, sehingga paket kiriman tidak mudah rusak selama dalam perjalan.”


Lian Marlina

Dari Surabaya

“Agan.. Sambal Ijo Teri Ibu Ida-nya Enak banget. Pedasnya juga pas tidak kurang dan tidak lebih. Sukses terus buat toko online-nya.”


Sis Missy Susanti

Dari Bintaro-Jakarta Selatan

“Waw.. Luar biasa, sejak 2 hari yang lalu saya bergabung menjadi reseller di tokopastri.com, saya sudah berhasil menjual 5 toples kue cookies ke teman-teman saya dikantor, dan mereka mengaku sangat puas dengan rasa kue cookies dari tokopastri.com. Sukses terus buat tokopastri.com”


Rahmat

Dari Karawang.

“Mbak…kuenya dah nyampe. Enak bgt deh…apalagi putri saljunya, anak sama suami saya smpe ketagihan. Biasanya anak saya suka ga mau klo ga enak mbak, lembut bgt susunya kerasa. Langsung abis sehari jga kyaknya :)
Nti saya mau pesen lagi ya mbak…..makasih.”


Tri Herawati

Dari Yogyakarta

“Toko Onlinenya sangat terpercaya, Cookies Sagu Kejunya enak, dan ongkos kirim relatif murah, jadi tidak ada yang namanya berat diongkos”

Dari Liyana

Cijantung, Pasar Rebo – Jakarta Timur
Selengkapnya ada di sini >>

PIRT Sertifikat

Bukti Pengiriman

Photo

Toko kue |  Color Cake
Toko kue |  Brownies kukus pandan choco almond

Hotline: 081222252594 SMS/Whatsapp: 081-2222-52594 BBM: 518fb5b6 | 51cdb4c1 Email: admin@tokopastri.com